Sharing Folder melalui Jaringan Komputer

Postingan sebelumnya kita telah membahas tentan Cara Belajar Menghubungkan Jaringan Komputer Sederhana – Sekarang kita akan belajar tentang Sharing Folder melalui Jaringan Komputer yang menggunakan Windows 7. Sharing folder atau file adalah berbagi file atau folder dengan komputer lain dalam sebuah jaringan komputer, berikut ini adalah langkah-langkah sharing folder atau file melalu jaringan komputer.

Koneksi Jaringan Komputer
Untuk langkah pertama pastikan jaringan komputer sudah terkoneksi dalam sebuah jaringan baik itu Client-Server atau Peer-to Peer, jika ada kendalah dalam koneksi cek Firewall atau perangkat koneksi jaringan kita.

Share File dalam Jaringan Komputer
Setelah berhasil terhubung sekarang kita share folder yang akan kita bagi file kepada komputer lain dalam jaringan kita, seperti berikut ini.

Pilih foder file yang akah kita share misal kita akan share folder “Foto” kemudian klik kanan pilih Share with Spesific people pada jendela file sharing pilih jenis share yang akan kita share semisal kita pilih Everyone kemudian pada Permission Level terserah pilih pilih Read atau Read/Write kemudian klik Add Share Done.


Setelah kita share file folder kita pindah ke komputer lain kemudian buka run denga menekan tombol pada keyboard (Window+R) kemudian masukan IP komputer yang tadi di share folder-nya maka akan tampil file folder yang tadi di share.

 

Jika tampilan tidak seperti diatas sperti surauh masukin password kemungkinan setting-an sharinga-nya caranya Change Advence Sharing Setting kemudian pilih pengaturan sesuai keinginan kita.

Itulah tentang Sharing Folder melalui Jaringan Komputer semoga bermanfaat.