≡ Menu

Tips, trik dan Cara untuk Mengkilapkan Batu Akik

Tips, trik dan Cara untuk Mengkilapkan Batu Akik – Benda yang sedang tren dan hits di kalangan masyarakat Indonesia adalah batu akik. Batu akik yang biasanya hanya digemari oleh aki-aki sesuai dengan namanya, bahkan kini sudah banyak digemari dan digandrungi oleh anak-anak meskipun mereka hanya ikut-ikutan trend saja.

Bagi mereka yang benar-benar telah jatuh cinta pada batu akik karena keindahan, dan keunikan serta karena jenisnya yang bermacam-macam ini pastinya akan sangat menjaga dan merawat koleksinya tersebut agar tetap memiliki daya tarik. Salah satu nilai keindahan dari batu akik adalah tingkat clarity (bersih dari inclusi) nya yang tinggi. Selain itu apabila batu akik memiliki kejernihan, kemulusan dan mengkilap, maka akan dapat menaikkan harga jual batu akik tersebut.

Mungkin bagi orang awam atau yang masih newbie, mereka hanya mengetahui bahwa batu akik haruslah mengkilap. Tetapi ternyata tidak semua batu akik haruslah mengkilap, karena dalam setiap batu akik memiliki kejernihan yang berbeda, jenis potongan yang berbeda, tekstur yang berbeda pula, dan bahan mineral pembentuknya juga yang pasti berbeda-beda.

Nah untuk jenis batu akik yang memang sudah seharusnya mengkilap akan tetapi kilaunya itu tidak begitu nampak secara maksimal, berikut adalah

Beberapa Tips, trik dan Cara untuk Mengkilapkan Batu Akik :

Mengkilapkan Batu Akik dengan Daun Pisang Kering (Klaras)

Daun pisang yang kering atau yang biasa dikenal klaras oleh orang jawa,ternyata dapat digunakan untuk mengkilapkan batu akik yang kusam. Caranya cukup ambil daun klaras secukupnya, lalu pada bagian bawahnya diberi alas kain yang lembut agar tidak membuat batu akik menjadi lecet atau tergores saat penggosokan. Lakukanlah penggosokan tersebut dengan gerakan lurus memutar sampai merata ke semua permukaan batu akik tersebut secara berulang-ulang.

Mengkilapkan Batu Akik dengan Aluminium Foil

Alumunium foil atau bungkus alumunium juga ternyata bisa digunakan untuk mengkilapkan batu akik. Bahan ini biasanya dapat ditemukan pada bekas bungkus permen karet, peppermint, bungkus coklat dan lain sebagainya. Sebelum menggunakannya, pastikanlah terlebih dahulu bahan alumunium memiliki tekstur permukaan yang rata dan halus. Cara penggosokannya haruslah berhati-hati dan secara perlahan serta tidak terlalu menekan batu akik tersebut. Akan tetapi cara ini tidak terlalu direkomendasikan mengingat bahan alumunium adalah bahan logam sehingga kalau kurang hati-hati justru batu bisa menjadi tergores dan lecet.

Mengkilapkan Batu Akik dengan Bambu
Cara yang paling populer dari semua cara untuk mengkilapkan batu akik adalah menggunakan bambu. Mengggosok batu akik dengan bambu dinilai sebagai cara alami yang paling aman dan tidak merusak permukaan dari batu tersebut. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan batu akik dengan gerakkan lurus dan memutar secara perlahan. Agar hasil yang diinginkan lebih maksimal lagi, maka gunakanlah potongan bambu yang memiliki tekstur permukaan yang halus dan rata.

Mengkilapkan Batu Akik dengan Bahan Kulit
Bahan kulit ternyata bisa digunakan untuk mengkilapkan batu akik juga lhoo. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan batu akik secara lembut dengan sedikit penekanan ke seluruh permukaan batu. Lakukanlah cara ini secara rutin dan berkala untuk menghilangkan noda akibat paparan panas matahari maupun sisa endapan air yang mengering apabila batu basah terkena air.

Mengkilapkan Batu Akik denga Serbuk Intan

Menggunakan serbuk intan merupakan cara yang paling praktis dan merupakan bahan alami yang digunakan untuk mengkilapkan batu akik. Biasanya serbuk intan dapat ditemukan denga mudah di tempat-tempat yang menjual batu akik.

Itulah beberapa tips dan trik mengkilapkan batu akik yang dapat Anda lakukan dirumah dengan mudah dan menggunakan sela-sela waktu luang Anda. Semoga dengan tips dan trik tersebut dapat membuat batu akik yang Anda miliki terlihat lebih indah dan dapat menjadikannya bernilai jual tinggi. Terima Kasih banyak karena anda telah menyimak artikel Tips, trik dan Cara untuk Mengkilapkan Batu Akik ini

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar