≡ Menu

5 Cara Mudah Membersihkan Cooker Hood

Cara Mudah Membersihkan Cooker Hood – Cooker Hood atau bisa juga disebut filtrek (penghisap asap) yang digunakan pada dapur untuk mensterilkan udara yang tak sedap pada saat proses memasak sedang berlangsung dan udara yang keluar dari cooker

hood menjadikan udara yang streril dan sehat.

Namun sebelum anda ke Cara Mudah Membersihkan Cooker Hood alangkah baiknya jika anda mengetahui Macam-macam cooker hood, penghisap udara atau filtrek yang terbagi menjadi beberapa varian yakni:

  • Chimney Cooker Hood atau penghisap udara yang menggunakan cerobong asap dengan pipa elastis yang diarahkan keluar ruangan sehingga udara yang terhisap akan langsung keluar dari ruangan dapur anda dan cooker hood ini diletakkan didinding dapur.
  • Slim Cooker Hood atau penghisap asap yang memiliki bentuk yang tipis dan memiliki dua fitur sistem pembuangan udara yakni pembuangan udara keluar ruangan dan pembuangan udara didalam ruangan, namun jika anda memilih pembuangan “keluar ruangan” maka anda membutuhkan pipa yang diarahkan keluar ruangan.
  • Sliding Cooker hood atau penghisap udara yang satu ini ketika digunakan akan menggeser kearah vertical atau horizontal, tidak memiliki cerobong asap dan tidak menimbulkan polusi udara.
  • Island Cooker hood atau penghisap asap yang satu ini sama halnya dengan Chimney Cooker Hood namun yang membedakanya hanya pada tata letak penempatannya saja jika Chimney Cooker Hood Menempel pada dinding sedangkan Island Cooker Hood menempel ditengah langit-langit ruangan ruangan dapur anda.

Dari empat varian cooker hood diatas tentu memiliki material, ukuran dan bentuk  yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama yaitu menghisap dan menstrerilkan udara, Sedangkan jarak ideal penempatan cooker hood yakni 70 sampai 75 cm diatas kompor.

Jika anda aktif memasak atau anda seorang koki disebuah restoran tentu akan sering untuk membersihkan cooker hood yang anda miliki yang tentu dengan cara yang sangat mudah dan alami, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah selesai memasak, pastikan saklar atau stop kontak cooker hood dalam keadaan off (mati).
  2. Bersihkan seluruh badan cooker hood dengan kain lembut dan lembab.
  3. Lepaskan penutup cooker hood atau cassette aluminium filter, kemudian rendam kedalam dalam air hangat yang sudah anda beri air jeruk atau lemon secukupnya selama 10 sampai 15 menit, hal ini bertujuan untuk mengangkat noda minyak dan sikat sampai benar-benar bersih kemudian keringkan.
  4. Lepaskan carbon filter dengan cara memutarnya, pada dasarnya carbon filter tidak pernah habis, anda cukup menjemurnya sampai terlihat kering, kemudian anda bersihkan dengan kain kering  dan sikat menggunakan koas jika terdapat noda didalammnya.
  5. Pasang kembali cassette aluminium filter dan carbon filter pada tempatnya dengan baik, anda dapat menggunakannya kembali dengan menyalakan saklar atau stop kontak dan kemudian selesai.

Adanya cooker hood memberikan manfaat baik ketika asap dan bau gas pada saat menyalakan kompor dapat dengan mudah terhisap, yang kemudian di saring oleh cassette aluminium filter dan carbon filter, kemudian udara yang dikeluarkan dari cooker hood menjadikan udara yang bersih dan streril.

Demikian Cara Mudah Membersihkan Cooker Hood dengan benar, semoga tips diatas bisa anda aplikasikan dan memberikan manfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar