Cara Menggunakan Headset Bluetooth

  • 3 min read
  • Mei 03, 2021

Cara Menggunakan Headset Bluetooth- Berikut panduan tentang cara menggunakan headset Bluetooth Saat ini masih banyak yang belum paham cara menggunakan Headset Bluetooth. Karena kebanyakan orang masih menggunakan headset berkabel dan enggan beralih karena tidak mengerti cara menggunakannya. Padahal menggunakan headset Bluetooth tidaklah sesulit itu.

Menggunakan Headset BluetoothJika bisa menggunakan headset bluetooth, mendengarkan lagu akan lebih nyaman. Anda bisa lebih fokus mendengarkan musik tanpa gangguan kabel dan tentunya hal ini akan lebih nyaman. Bagi yang masih awam dengan penggunaan headset Bluetooth, simak uraiannya di bawah ini.

Bagaimana langkah-langkah menggunakan Bluetooth headset?

Daftar Isi terbuka

Pertama, aktifkan Headset Bluetooth anda caranya dengan menekan tombol power lebih lama. Untuk mengaktifkan headset ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama dan pada saat aktif lampu LED akan berkedip.

Namun ada beberapa headset yang pengaktifannya tidak membutuhkan waktu lama Jika headset Anda memiliki tombol ON atau power, silakan tekan dan Headset Bluetooth Harus Dalam Mode Berpasangan . Jika Anda belum berhasil mengaktifkan headset Bluetooth menggunakan metode pertama, coba setel ke mode berpasangan.

Setelah anda berhasil menyalakan bluetooth headset, selanjutnya adalah mengaktifkan bluetooth pada hp. Caranya, kamu bisa scroll ke bawah layar ponsel dan cari menu Bluetooth lalu Tekan menu sampai ikon Bluetooth muncul di bagian atas layar.

Cara kedua adalah masuk ke menu pengaturan atau pengaturan. Setelah itu cari menu Bluetooth. Aktifkan Bluetooth dengan memilih tombol ON dan tunggu sampai muncul simbol BT di bagian atas layar ponsel. Jika sudah muncul, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Dalam hal ini, jika Anda ingin mencoba menghubungkan headset dengan laptop, pastikan sudah ada Bluetooth di PC. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua jenis laptop menyediakan fitur Bluetooth, jadi sebaiknya Anda memeriksanya terlebih dahulu.

Jika ada, silakan aktifkan Bluetooth dengan tombol pintas. Selain itu tentunya Anda juga bisa mengaktifkannya melalui fitur pengaturan yang tersedia. Jika tombol Bluetooth di laptop sudah menyala, biasanya hal ini ditunjukkan dengan munculnya icon BT di sebelah kanan layar.

Namun, jika laptop Anda tidak menyediakan fitur Bluetooth, Anda bisa menggunakan ponsel saja. Lakukan Pemindaian Perangkat Bluetooth Cara berikutnya untuk menggunakan headset Bluetooth adalah dengan memindai perangkat. Cara ini tidak memakan waktu lama, hanya beberapa detik saja.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menunggu hingga nama headset Bluetooth Anda muncul di layar ponsel.Cara yang satu ini sama seperti saat Anda ingin memindai perangkat Bluetooth ke ponsel lain saat mentransfer file.

Anda hanya perlu menunggu apakah headset Bluetooth benar-benar aktif atau tidak. Jika nama bluetooth muncul, artinya Anda telah menyalakannya dengan benar. Namun, jika nama bluetooth tidak muncul di layar setelah beberapa saat, mungkin ada langkah yang belum Anda selesaikan dengan benar. Anda dapat melakukannya sekali lagi untuk memastikan headset dihidupkan dengan benar dan dapat digunakan.

Cara lain yang bisa kalian praktekkan adalah dengan mencoba mematikan Bluetooth di hp kemudian menyalakannya kembali. Coba lakukan scan ulang setelah itu. Jika masih tidak berhasil, matikan Bluetooth baik di headset maupun di ponsel. Setelah itu, coba hidupkan kembali sesuai urutan di atas hubungkan bluetooth pada headset dengan perangkat pada telepon Anda

Cara berikutnya untuk menggunakan headset Bluetooth adalah menyambungkannya ke perangkat. Biasanya, Anda akan diminta memasukkan kode tertentu. Kode yang diminta biasanya ditemukan di manual headset Anda, jadi cobalah untuk memeriksanya terlebih dahulu.

Kode yang diperlukan biasanya tidak sama tergantung jenis headset yang Anda gunakan. Jika tidak ada, kemungkinan besar kodenya adalah 0000 lalu coba masukkan kode tersebut pada kotak yang tersedia, setelah itu klik OK untuk melanjutkan proses ke tahap selanjutnya.

Namun sebelum memasukkan kode yang diminta, pastikan Anda sudah menekan tombol sambungkan yang tertera di layar. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kode Yan g melayani pada kolom di layar ponsel. Jika kode yang Anda masukkan benar, maka headset Bluetooth akan segera terhubung ke perangkat.

 

Ingatlah kode yang terkait, dan jika perlu, catatlah PIN tersebut. Headset dan Perangkat Pernah Terhubung Sebelumnya. Jika Anda sudah pernah terhubung ke perangkat maka cukup untuk menggunakan Bluetooth dari headset dan perangkat ponsel, lalu akan terhubung secara otomatis.

Untuk tandanya sama, yakni jika headset ON, maka lampu LED akan menyala kali dan lambang Bluetooth tertera di bagian atas layar ponsel. Jika Anda terbantu, artinya tidak ada masalah kini selama proses terhubung dan headset pun sudah siap untuk digunakan sesuai fungsi yang dibutuhkan demikian informasi dari saya tentang cara menggunakan Headset Bluetooth semoga bermanfaat, terimakasih.

Post Terkait :

Berikan komentar