≡ Menu

Kepribadian Plegmatis dan Cara Menyikapinya

Kepribadian Plegmatis atau “si damai” ini akan selalu siap dan bersedia untuk melakukan apapun demi kedamaian. Karena bagi Plegmatis, kedamaian adalah segala-galanya meskipun terkadang Ia sendiri harus mengorbankan diri.

Ciri-ciri Sifat kepribadian Plegmatis :

Karena plegmatis lebih menyukai kedamaian dan menghindari “keributan”, Ia siap merugi atau rela sakit, asalkan masalahnya dapat cepat selesai. Orang dengan kepribadian plegmatis kurang begitu bersemangat dalam menghadapi perubahan, memiliki kecenderungan diam, kalem dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan dan santai.

Seorang Plegmatis adalah pendengar yang baik, Jika suatu saat Anda melihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka dapat dipastikan para pendengar yang berkerumun itu mayoritas orang-orang berkarakter plegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sang Sanguinis.

Namun sifat plegmatis juga memiliki kekurangan seperti, cara pengambilan keputusan yang ragu-ragu dan terlalu nyantai, akibatnya keputusan penting sering tertunda. Karakter plegmatis juga harus terus dimotivasi agar terus semangat dan melakukan aktivitas dengan cepat. Bisa dibilang terkadang orang dengan kepribadian plegmatis ini seperti keledai, didorong ngambek, dibiarkan malah diam dan tidak jalan.

Cara menyikapi kepribadian Plegmatis sebagai teman

Jika Kita memiliki teman dengan kepribadian plegmatis, sering-seringlah memotivasinya agar bersemangat dan “tidak terlalu nyantai”. Selain itu terkadang seorang plegmatis suka humor atau joke yang mengejek, sehingga sebaiknya Kita tidak terlalu menanggapinya dengan serius.

Plegmatis juga tidak terlalu menyukai tantangan dan hal baru, sehingga sekuat apapun Anda mengajaknya mencoba hal yang baru, itu adalah hal yang percuma.

Sesekali Kita juga harus tegas dan selalu mengingatkan plegmatis apabila Ia harus memberikan keputusan yang penting.

Menyikapi Plegmatis Sebagai Orang Tua

Mungkin orang tua Kita yang cenderung pendiam memiliki kepribadian plegmatis. Meskipun terkadang keputusan penting yang diberikan telat, tetapi keputusan yang diberikan sangatlah bijak dan telah dipertimbangkan dengan baik. Kita harus sabar dengan kondisi tersebut, tetapi siapa lagi yang bisa dijadikan tempat curhat paling aman selain orang tua dengan kepribadian plegmatis? 🙂

Menyikapi Plegmatis sebagai kekasih

Seorang dengan kepribadian plegmatis ini sangat setia terhadap kekasihnya, jadi jika Anda memiliki pasangan dengan karakter ini, bersyukurlah. Karena Ia juga pasti akan selalu mengalah kepada Anda dan rela berkorban apa pun demi orang yang dicintai.

Namun jangan harap Anda sering mendapatkan kejutan-kejutan romantis dari plegmatis ini, karena Ia tidak suka merayu dan cenderung datar dan damai.

Nah! Bagaimana, Anda sudah bisa menentukan sikap Anda untuk menghadapi seseorang dengan kepribadian plegmatis? Jika sudah, jangan lupa untuk membagikan informasi ini melalui facebook, twitter kepada teman dan keluarga Anda.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar