9 Tips Kesehatan Mata secara Alami

Tips Kesehatan Mata secara alami yang akan Kita bahas kali ini adalah tips untuk kesehatan mata dengan melakukan hal-hal sederhana, seperti memakan makanan yang mengandung banyak vitamin untuk mata, melakukan relaksasi untuk mata dan sebagainya.

Banyak sekali tips kesehatan mata yang ada di internet, seperti tips kesehatan mata minus, tips kesehatan mata didepan komputer, tips merawat kesehatan mata, tips untuk kesehatan mata dan lain-lain. Catatankecil.com kali ini akan membahas tips kesehatan mata secara umumnya.


Mata adalah organ tubuh yang sangat penting karena melalui mata, Kita dapat melihat. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi Kita untuk menjaga dan merawat kesehatan mata.

Banyak sekali penyakit mata yang disebabkan oleh kelalaian Kita sendiri, seperti terlalu lama menonton televisi atau bermain gadget atau bahkan memaksa mata Kita untuk bekerja lebih lama. Padahal jika hal-hal tersebut Kita hindari maka penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak dan penyakit mata lainnya tidak akan menyerang mata Kita.

Akibat yang paling mudah Kita lihat apabila Kita terlalu memaksakan mata Kita adalah munculnya kantung mata hitam atau mata panda. Jika gejala tersebut muncul, maka Kita harus segera menjaga kesehatan mata Kita dengan beberapa tips berikut ini.

Tips kesehatan mata secara alami

1. Istirahatkan Mata

Mata yang kelelahan ditandai dengan keluarnya air mata dan kelopak mata terlihat sayu. Untuk itu, Istirahatkan mata dengan tidur yang cukup.

Jika Anda menggunakan komputer setiap hari, usahakan setiap 1 jam sekali Anda mengistirahatkannya selama 10 – 15 menit dengan melihat objek lain seperti taman hijau yang rimbun atau kolam yang berisi ikan.

2. Menjaga Jarak Pandang

Jarak pandang ideal untuk menatap layar monitor adalah sekitar 50-100cm. Sedangkan untuk melihat gadget atau smartphone sama seperti membaca buku, yaitu jarak yang ideal sekitar 30cm.

Membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Perhatikan juga pencahayaan yang cukup agar Anda terhindari dari gangguan mata seperti miopi atau rabun dekat.

3. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata
Tangan Kita memegang banyak benda dan media, oleh sebab itu tangan merupakan tempat berkumpulnya kuman-kuman.

Ketika mata kita gatal atau terasa sakit, usahakan tidak mengucek mata terlalu sering dan sebaiknya sebelum mengucek mata, pastikan tangan Kita dalam kondisi yang bersih. Karena mengucek mata dengan kondisi tangan Kita yang tidak bersih akan memperburuk kondisi mata Kita.

4. Vitamin untuk Mata
Banyak sekali makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata Kita. Seperti makanan yang mengandung vitamin A, C dan E serta makanan yang mengandung anti oksidan, seperti sayuran hijau, kuning telur, paprika, labu, ubi dan wortel.

Makanan yang kaya akan sulfur, lesitin dan sisteina, seperti bawang putih, bawang Bombay dan bawang merah juga sangat baik untuk kesehatan mata Kita.

Untuk buah-buahan, buah berry, anggur, gojiberry dan blueberry yang kaya antosianin, dapat Anda konsumsi untuk kesehatan mata.

Selain itu, makanan yang kaya akan DHA atau asam lemak, seperti yang terdapat pada ikan sarden, ikan salmon, dan ikan mackerel sangat baik untuk kesehatan mata Kita.

5. Olahraga Mata
Ada banyak cara untuk olahraga mata, untuk pemanasan awal, gosok-gosokkan telapak tangan sampai hangat, lalu tangkupkan telapak tangan kamu di mata selama lima detik. Ulangi beberapa kali.

Berikutnya dengan memutar bola mata. Awali dengan melihat ke atas, lalu putar bola mata perlahan 5 kali berlawanan dengan arah jarum jam dan 5 kali searah jarum jam.

Pegang sebuah benda (Anda dapat menggunakan pensil atau pulpen), lalu ulurkan tangan ke depan dan fokuskan perhatian mata pada benda tersebut. Dekatkan pulpen atau pensil tersebut secara perlahan ke mata dengan jarak 10 cm dari hidung, kemudian jauhkan kembali. Ulangi beberapa kali.

Setelah olahraga mata untuk fokus dengan pensil atau pulpen selesai, tetap ulurkan tangan Anda lalu kedipkan mata dengan intensitas yang ditambah, bisa 2 kali atau 3 kali dengan cepat lalu istirahatkan selama 4 detik lalu kedipkan kembali.

Setelah olahraga mata selesai, berikutnya adalah dengan relaksasi mata. Caranya adalah dengan memijat kedua pelipis dengan menggunakan ibu jari. Pijat gerakan memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata dan di batang hidung.

6. Gunakan Kacamata hanya disaat tertentu
Pastikan Anda memakai kacamata atau pelindung mata lainnya ketika berada dilingkungan yang banyak mengandung bahan kimia atau tempat dengan polutan udara yang berbahaya.

Selain itu, batasi penggunaan lensa kontak lebih dari 15 jam. Karena akan menyebabkan iritasi dan rasa yang tidak nyaman pada mata. Dalam kasus tertentu penggunaan lensa kontak yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan mata secara permanen.

7. Kurangi Penggunaan Tetes Mata
Mata merah memang dapat diatasi dengan menggunakan obat tetes mata. Tapi gunakan seperlunya saja. Karena secara alami mata mempunyai sistem imun terhadap kesehatan mata, sehingga penggunaan obat tetes mata yang berlebih dapat mengganggu sistem imun mata.

8. Rutin Memeriksa Mata
Periksakan mata secara rutin sekurang-kurangnya 4 bulan sekali agar terhindar dari penyakit mata.

Itulah 9 Tips kesehatan mata secara alami yang dapat Anda lakukan dirumah. Bagikan informasi ini kepada keluarga, sahabat dan rekan Anda melalui facebook, twitter maupun G+. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *