≡ Menu
Catatan Kecil

Manfaat Ekstrak Biji Pepaya untuk Kesehatan

in pengetahuan

Manfaat Ekstrak Biji Pepaya untuk Kesehatan ternyata masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Bahwa ternyata biji pepaya yang biasa kita buang, punya manfaat bagi kesehatan yang mungkin belum pernah Kita ketahui. Sampai saat ini masyarakat mayoritas hanya mengetahui manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Manfaat Ekstrak Biji Pepaya untuk kesehatan salah-satunya, yaitu untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di usus dan liver kita. Hasil penelitian menunjukkan, racun yang ikut terbawa dari makanan yang Kita konsumsi dapat menumpuk hingga seberat delapan kilogram dalam usus kita.

Dikutip dari Club Diet Sehat Bersama dr. Wahyu Triasmara – DrW, di Facebook pada 28 Februari 2015, menjelaskan, biji pepaya juga mengandung zat antikolesterol yang hebat.

Penelitian menunjukan bahwa ekstrak biji pepaya mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal bahkan ekstrak biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam bersarang dalam pencernaan. Selain itu mengkonsumsi biji buah pepaya secara rutin juga bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah.

Bagaimana manfaat ekstrak biji pepaya ini dapat membantu kesehatan Anda?

Dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya, didapatkan hasil penelitian yang sangat mengejutkan bahwa jus biji pepaya yang dikonsumsi secara rutin secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.

Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan tanin, alkaloid, flavonoid (yang antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas), saponin anthraquinones, dan anthocyanosides. Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang luar biasa.

Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi. Kandungan Fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. Selain itu, saponin yang terkandung dalam biji pepaya, bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu. Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL ini maka dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Cara mendapatkan manfaat ekstrak biji pepaya untuk kesehatan

Ada dua cara untuk mendapatkan manfaat ekstrak biji pepaya. Yaitu dengan membuatnya menjadi jus atau biji pepaya dibuat serbuk seperti kopi dan Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara menyeduhnya.

Untuk membuatnya menjadi jus, biji pepaya yang sudah dibersihkan diblender dan disajikan seperti kita membuat jus. Anda juga bisa sedikit menambahkan madu agar jus biji pepaya lebih enak untuk diminum.

Untuk cara kedua, yaitu membuat serbuk biji pepaya, berikut caranya.

1. Cuci biji pepaya hingga bersih, kemudian jemur diterik matahari hingga biji benar-benar kering. Proses ini membutuhkan waktu setidaknya dua sampai tiga hari tergantung cuaca.
2. Setelah kering, Anda dapat membuat biji pepaya menjadi serbuk dengan cara menumbuknya atau memblendernya.
3. Seduh satu sendok teh serbuk biji pepaya dengan 200ml air hangat, Anda juga dapat menambahkan gula atau madu agar rasanya lebih enak untuk diminum.

Atau jika Anda berniat untuk membuat jus biji pepaya, Anda juga dapat membuatnya dengan daging buah pepayanya sekaligus.

Anda dapat mengkonsumsi jus biji pepaya tersebut secara rutin dua atau tiga hari sekali atau paling tidak seminggu sekali. Rasakan manfaat ekstrak biji pepaya setelah satu bulan mengkonsumsinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment