≡ Menu

Gejala Diabetes yang Dapat Kita Ketahui dengan Mudah

Gejala diabetes sebetulnya dapat Kita ketahui dengan mudah. Penyakit diabetes mellitus atau kencing manis merupakan penyakit kelainan sistem insulin karena berlebihnya kadar glukosa atau kadar gula di dalam darah.

Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Keduanya merupakan penyakit yang masih berhubungan dengan gula darah berlebih, namun ada perbedaan mendasar yang wajib diketahui, mulai dari penyebab, gejala, dan cara pencegahannya.

Gejala Diabetes yang dapat dirasakan oleh tubuh adalah penderita akan merasakan mati rasa (kebas) atau kesemutan pada kaki, tangan, beserta jari-jemarinya. Hal ini terjadi karena kadar gula dalam darah berlebih sehingga membuat serabut saraf mengalami kerusakan.

Ciri-ciri gejala Diabetes yang Dapat Diketahui Secara Mudah yaitu :

1. Sering Buang Air Kecil
Penderita diabetes mengakui mengalami peningkatan dorongan ingin buang air kecil. Jika Anda mengalami hal serupa, sebaiknya konsultasikan dan periksakan sedini mungkin untuk mendapatkan tindakan pencegahan penyakit diabetes.

2. Berat Badan Turun

Gejala diabetes yang dapat diketahui secara mudah berikutnya adalah turunnya berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak mampu menyerap glukosa (sumber energi tubuh) dengan baik.

3. Penglihatan Menjadi Kabur dan Buram
Kadar glukosa yang melonjak naik dalam darah akan merusak pembuluh darah dan membatasi cairan yang masuk ke mata. Hal ini dapat mengubah bentuk lensa dan mata sehingga penglihatan Anda menjadi buram.

Namun, gejala diabetes ini diketahui reversibel atau dapat kembali normal jika kadar gula darah turun dan stabil hingga batas wajar. Namun, bila gula darah tetap tinggi, kelainan pada mata ini bisa berakibat fatal yaitu kebutaan permanen pada mata.

4. Nafsu Makan Meningkat
Rasa lapar akan membuat nafsu makan meningkat, namun jika hal ini disebabkan oleh penyakit diabetes, Anda perlu mewaspadainya.

Rasa lapar tersebut disebabkan karena makanan yang sudah ditelan tidak dapat masuk ke dalam sel untuk melakukan proses metabolisme, sehingga tubuh butuh asupan kembali yang menimbulkan rasa lapar terus menerus.

5. Sering Merasa Haus

Ciri atau tanda gejala diabetes diatas telah disebutkan yaitu sering buang air kecil. Hal ini tentu akan membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi, sehingga tubuh akan memberikan respon berupa rasa haus untuk menggantikan cairan tubuh.

6. Peradangan pada Gusi
Penderita diabetes diketahui lebih mudah mengalami kerusakan gusi. Seperti misalnya gusi menjadi merah, mengalami pembengkakan, dan iritasi. Bahkan pada beberapa kasus, ada penderita diabetes yang merasakan gusinya menyusut dari gigi dan terjadilah infeksi gusi.

7. Masalah Kulit
Penyakit diabetes akan mempengaruhi peredaran sirkulasi darah, dan membuat kelenjar keringat mengalami disfungsional, sehingga membuat kulit menjadi cepat kering, terasa gatal, bersisik dan iritasi. Namun, hal ini bisa saja disebabkan oleh hal lain seperti asupan protein dan mineral yang kurang.

8. Proses Pemulihan Luka yang Lambat
Ciri yang sangat mudah untuk mengetahui gejala diabetes adalah pada proses pemulihan luka yang lambat. Hal ini disebabkan karena darah tidak dapat membuat sistem imun atau kekebalan tubuh secara normal. Sehinggan hal ini  mempengaruhi proses pemulihan memar atau luka pada tubuh dan akan memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Pada kasus penderita diabetes yang sudah parah, luka tersebut tidak dapat dipulihkan sehingga dilakukan tindakan amputasi untuk menghentikan luka.

Itulah beberapa tanda dari gejala diabetes yang dapat Kita ketahui. Menjaga kesehatan adalah hal terpenting agar terhindar dari penyakit diabetes. Namun, jika Anda mengalami gejala diabetes seperti diatas, Anda dapat membaca artikel dari CatatanKecil.com yaitu mengobati diabetes secara alami. Semoga bermanfaat. 🙂

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar