≡ Menu
Catatan Kecil

Tips dan Perawatan Kesehatan Gigi Berlubang

in kesehatan, tips

Kesehatan Gigi merupakan hal yang sangat penting bagi Kita untuk dijaga dan dirawat. Gigi adalah organ tubuh yang sangat penting karena fungsinya sebagai pelumat makanan.

Selain itu, kesehatan gigi juga bisa berpengaruh pada penampilan Kita sehingga patut untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya (baca juga tips memutihkan gigi). Namun, meskipun Kita telah menjaga dan merawat kesehatan gigi, tidak menutup kemungkinan terjadi masalah pada gigi. Oleh sebab itu, Kita perlu melakukan perawatan yang lebih intensif lagi apabila gigi Kita bermasalah, seperti gigi berlubang atau karang gigi dan masalah kesehatan gigi yang lain.

Namun, jika gigi Anda sudah berlubang, berikut ini CatatanKecil.com ulas tips dan perawatan kesehatan gigi berlubang, agar gigi Anda terhindar dari rasa sakit dan nyeri yang berkepanjangan.

Tips dan Perawatan Kesehatan Gigi Berlubang

1. Hindari Makanan Berikut
Rasa nyeri pada gigi yang berlubang ternyata dapat dipicu dari makanan yang Kita konsumsi. Untuk perawatan kesehatan gigi berlubang sebaiknya Anda hindari makanan yang terlalu panas atau dingin, terlalu manis dan juga makanan yang berbumbu terlalu kental seperti makanan yang mengandung santan dan lain sebagainya. Jenis makanan tersebut dikenal cukup kuat untuk memicu rasa nyeri pada gigi berlubang.

2. Rutin Menggosok Gigi
Tips dan perawatan kesehatan gigi berlubang berikutnya adalah dengan rutin menggosok gigi. Menggosok gigi dengan teratur sebelum tidur dan setelah makan adalah hal yang umum dan sangat disarankan untuk merawat kesehatan gigi. Tidak hanya untuk gigi berlubang, namun untuk semua masalah kesehatan gigi. Seringnya Kita menyepelekan hal ini, sehingga terkadang Kita lupa untuk menggosok gigi dan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi menjadi penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut. Ajarkan juga kebiasaan ini kepada Anak Anda.

3. Gunakan Pasta Gigi Khusus
Jika Anda sudah memeriksakan gigi berlubang Anda ke Dokter gigi, biasanya Dokter gigi akan menyarankan Anda untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk merawat kesehatan gigi Anda. Untuk gigi berlubang, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung lebih banyak kalsium dan xylitol untuk memperbaiki email atau bagian gigi yang rusak dan berlubang. Menggunakan pasta Gigi khusus untuk kesehatan gigi berlubang ini juga sebagai tindakan pencegahan atau gigi berlubang Kita masih dalam kerusakan yang masih dapat diatasi dengan rutin menggosok gigi dengan pasta gigi khusus untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi.

4. Berkumur dengan Air Garam
Pertolongan pertama ketika gigi berlubang Anda terasa nyeri, atau bahkan mulai terjadi pembengkakan adalah dengan berkumur dengan air garam. Air garam diketahui dapat menjadi anti-bakteri yang mungkin menjadi penyebab gigi berlubang atau rasa nyeri pada gigi. Ini adalah cara tradisional dan paling mudah saat gigi berlubang Kita terasa nyeri. Caranya adalah dengan membuat larutan air garam sebanyak 1 sendok teh dengan air 1 gelas atau sekitar 250cc. Anda juga bisa menambahkan perasan air jeruk nipis agar khasiatnya lebih maksimal dan dapat meredakan nyeri pada gigi berlubang Anda.

5. Tambahkan Konsumsi Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi
Makanan dan minuman berkalsium tinggi dapat Anda dapatkan dari susu, telur, dan multivitamin berkalsium lainnya. Ini adalah cara untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi berlubang untuk memperbaikinya secara bertahap dan secara alami.

Itulah beberapa tips dan perawatan kesehatan gigi berlubang yang dapat Anda lakukan di rumah. Jika masalah kesehatan gigi Anda belum dapat diatasi dengan tips diatas, Anda sebaiknya berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan gigi Anda ke Dokter gigi terdekat. Semoga bermanfaat 🙂

0 comments… add one

Leave a Comment