Kesalahan Saat Mencatok Rambut

Kesalahan saat mencatok rambut biasanya terjadi karena terburu-buru. Namun, ada beberapa kesalahan saat mencatok rambut yang lainnya. Diantaranya adalah mencatok rambut saat kondisi rambut yang basah. Lalu, bagaimana agar tidak melakukan kesalahan saat mencatok rambut? Baca selengkapnya tips berikut ini.

Berikut ini 6 kesalahan saat mencatok rambut :

1. Tidak membersihkan alat catok sebelum dipakai

Membersihkan alat catok sebelum mencatok adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi jika Anda menggunakan styling gel atau pelindung panas. Karena produk ini akan meninggalkan kotoran pada besi, yang dapat merusak rambut Anda. Untuk membersihkannya sangatlah mudah, Anda cukup dengan mengelap alat catok dengan lap atau kain kanebo yang lembab pada kondisi alat catok mati.

2. Mencatok saat rambut masih basah

Sebelum Anda mencatok rambut, harus dipastikan rambut Anda benar-benar dalam kondisi kering. Jika pada saat mencatok rambut, Anda mendengar suara mendesis atau melihat uap dari rambut Anda, segera hentikan proses itu. Kesalahan saat mencatok rambut seperti ini paling banyak dilakukan oleh para wanita karena terburu-buru, padahal mencatok rambut dalam kondisi rambut yang basah akan menghanguskan folikel rambut dan membuat rambut rusak.

Namun, ada cara untuk meminimalisasi kerusakan rambut pada saat mencatok yaitu dengan menggunakan heat protecting spray. Caranya, semprot beberapa kali pada rambut sebelum mencatok atau meluruskannya.

3. Tidak membagi rambut saat mencatok

Karena ingin cepat mendapatkan hasil rambut yang lurus, biasanya Kita memilih mencatok rambut dengan sekaligus banyak. Padahal, mencatok rambut dalam jumlah banyak lebih lama dan Kita harus melakukannya berulang-ulang. Sebaiknya, Kita bagi rambut menjadi beberapa bagian yang lebih sedikit. Karena Saat mencatok dengan sekaligus atau banyak, hanya rambut bagian luar saja yang dapat diluruskan dan bagian dalamnya tidak mendapatkan panas yang cukup untuk meluruskan rambut.

4. Mencatok rambut tanpa sisir

Biasanya, saat mencatok sebagian besar wanita tidak menggunakan sisir saat mencatok rambut untuk merapihkan hasil catokannya. Namun kesalahan saat mencatok rambut seperti kebiasaan ini harus segera diubah. Karena saat rambut kusut, perlu waktu berulang-ulang untuk merapihkannya (baca juga Tips membuat rambut lurus sempurna)

5. Tersendat-sendat saat mencatok rambut

Alat catok menghasilkan panas yang cukup untuk meluruskan kain yang tipis. Artinya, panas yang dihasilkan cukup kuat untuk membuat rambut Anda lurus dalam beberapa kali usap. Sehingga Anda harus menarik perlahan dan jangan tersendat, karena dapat meninggalkan bekas garis pada bagian rambut dan rambut menjadi lebih kering sehingga lebih mudah rusak.

6. Langsung mengikat rambut setelah mencatok

Setelah mencatok, rambut akan memiliki suhu yang lebih hangat atau panas. Sehingga Anda sebaiknya menghindari untuk segera mengikat rambut. Biarkan rambut berada di suhu normal saat mengikat rambut agar hasil catokan atau rambut Anda lurus lebih lama.

Itulah beberapa kesalahan saat mencatok rambut yang biasa dilakukan. Semoga bermanfaat dan Anda dapat tampil lebih menawan dengan tips kecantikan dan kesehatan dari catatankecil.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *