Cara Menghilangkan Bercak Hitam Pada Batu Bacan Doko

Cara Menghilangkan Bercak Hitam Pada Batu Bacan Doko – Batu bacan doko merupakan salah satu jenis dari batu bacan. Batu bacan doko kini lebih popular dan banyak diincar oleh para kolektor batu akik berjenis bacan. Batu bacan memiliki kekhasan pada warna hijaunya yang sangat indah, tak kalah indahnya apabila dibandingkan dengan batu giok china yang sudah dikenal terlebih dahulu.

Batu bacan doko sebenarnya berasal dari Maluku Utara yang dikenal dengan batu permata berkualitas tinggi. Batu bacan doko ini juga terbilang memiliki harga yang cukup mahal yang di sesuai dengan kualitasnya. Batu bacan ini juga sebenarnya bisa didapatkan dengan harga dibawah kisaran 1 juta rupiah, akan tetapi kualitasnya dapat dikatakan kurang sempurna karena umumnya masih memiliki banyak warna atau bercak hitam didalamnya.

Nah biasanya batu bacan doko yang memiliki bercak atau warna hitam pada bagian dalamnya itu dikarenakan adanya perubahan warna yang secara alami muncul seiring berjalannya waktu atau usia dari batu tersebut. Ataupun dikarenakan batu bacan doko tersebut tidak memiliki Kristal yang sempurna. Untuk menghilangkan bercaknya ini dapat dilakukan secara mudah dan cepat yakni dengan treatment, perendaman atau pengolesan pada batu secara teratur yang bertujuan untuk mengangkat zat-zat yang masih ada dalam batu bacan.

Berikut adalah cara treatment atau memproses ulang batu bacan agar memiliki Kristal yang sempurna 

  • Oleskan batu bacan doko tersebut dengan minyak bayi (minyak kayu putih).
  • Setelah itu letakkan batu pada wadah yang bersh seperti piring dan jemur batu dibawah terik sinar matahari, sekitar pukul 10 s/d 11 pagi.
  • Pada saat penjemuran, haruslah batu tersebut diperhatikan dengan betul-betul perubahannya.
  • Apabila belum terjadi perubahan secara signifikan terhadap batu bacan tersebut maka langkah-langkah tersebut diatas dapat dilakukan secara berulang hingga bercak hitam tersebut menjadi samara tau bahkan hilang.

Sedikit catatan, sebelum Anda melakukan treatment tersebut alangkah baiknya kenali terlebih dahulu karakter dari batu bacan tersebut. Karena untuk jenis batu bacan yang memang sudah mengkristal dengan sempurna maka hindarilah proses penjemuran. Cukup lakukan perawatan dengan cara menggosok-gosokkannya pada kain atau bahan kulit yang halus.

Semoga dapat bermanafaat artikel mengenai Cara Menghilangkan Bercak Hitam Pada Batu Bacan Doko ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *