≡ Menu

Tips dan Trik Menjaga Keamanan Gadget Android

Keamanan pada ponsel berfungsi sangat penting untuk menjaga data-data yang tersimpan pada ponsel kita terlebih apabila data tersebut bersifat penting. Tak terkecuali ponsel yang sedang marak dan merajai pasaran yakni smartphone berbasis android, yang menawarkan berbagai aplikasi menarik untuk diunduh dan diinstal. Nah pastinya android akan menjadi sasaran yang sangat empuk bagi virus-virus apabila kita tidak memiliki pengamanan. Bayangkan saja apabila smartphone android kita terserang virus dan harus melakukan install ulang yang pastinya akan mengorbanakan data-data penting yang terdapat pada smartphone kita. Untuk itu tidak ada salahnya apabila smartphone android diberikan pengamanan sebelum virus mengancam.

Berikut adalah Tips & Trik Menjaga Keamanan Gadget Android kita :

Jangan Sembarangan Instal

Pada smartphone android biasanya sudah terdapat suatu developer terpercaya dan resmi untuk mendownload berbagai aplikasi yang kita butuhkan, seperti Google Play Store, App Store, maupun Apple Store. Meskipun begitu bukan berarti smartphone kita sudah aman untuk menginstal berbagai aplikasi, karena meskipun dengan pengamanan yang begitu ketat tetap saja ada kelemahannya. Jadi kita harus lebih selektif lagi sebelum mendownload aplikasi, jangan sampai kita salah menginstal aplikasi bajakan yang malah membuat smartphone menjadi terinfeksi virus.

Update Perangkat Lunak Secara Berkala

Dengan kita rutin melakukan update software yang terdapat pada smartphone android kita maka system keamanan juga akan ikut diperbaharui, sehingga system keamanan smartphone menjadi selalu baru.

Atur Verify Apps

Sistem keamanan dari Android versi lama hingga versi baru pun sebenarnya masih rentan terhadap serangan malware ataupun virus. Untuk itu disarankan sebaiknya mengatur system kemanan masing-masing untuk mengantisipasi serangan virus yang tidak diinginkan. Pengaturan ini sebenarnya berfungsi untuk mengingatkan pengguna ketika ingin melakukan penginstalan suatu aplikasi apapun, dengan adanya peringatan ini maka pengguna akan lebih waspada lagi ketika akan menginstal.

Instal Antivirus

Untuk menambah keamanan dari smartphone android, kita juga perlu menginstal aplikasi antivirus sebagai pengamanan tambahan seperti Avast, McAfee ataupun antivirus lainnya yang telah terkenal demi keamanan smartphone Android kita.

Gunakan Password Privasi Pada Ponsel

Mungkin bisa saja ketika seseorang menggunakan smartphone kita dan melakukan aktivitas yang memungkinkan virus untuk bisa menginfeksi, seperti mendownload aplikasi sembarangan. Nah untuk mensiasati dan menghindari terjadinya hal tersebut ada baiknya kita gunakan password privasi untuk smartphone.

Itulah beberapa Tips & Trik Menjaga Keamanan Gadget Android anda, lebih baik lakukan pencegahan virus dengan menambah keaman pada smartphone sebelum terinfeksi oleh virus.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar