≡ Menu

Makanan Pendamping ASI untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Makanan Pendamping ASI (MPASI) harus dikenalkan secara bertahap agar pencernaan bayi bisa terlatih secara perlahan. Ketahui juga tanda-tanda bayi yang siap menerima makanan pendamping ASI di sini. Berikut ini adalah tahapan pengenalan makanan pendamping ASI yang dapat Bunda ketahui sebelum memberikannya kepada bayi.

Pada tahapan awal pengenalan makanan pendamping ASI untuk bayi dibawah satu tahun atau 6 bulan ke atas adalah sebagai berikut

Mulailah dengan menggunakan makanan lunak seperti biskuit yang diencerkan dengan air atau susu. Bunda juga bisa mengenalkan bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu adalah campuran tepung beras dengan ASI atau susu formula. Selingi juga dengan tepung beras merah, labu kuning atau kacang hijau, agar bayi Bunda dapat belajar mengenal berbagai macam rasa. Intinya, makanan pendamping ASI pada awal haruslah yang semi cair, jangan terlalu padat atau terlalu cair karena kondisi pencernaan bayi sedang mengalami perubahan.

Pada bayi usia 6 bulan ini, Bunda juga dapat memberikan sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: pisang, alpukat, pir atau jeruk. Pemberian ASI atau susu formula dapat dilakukan di selang seling waktu makan utama.

Pada bayi usia 7 bulan, Bunda dapat mengenalkan makanan pendamping ASI dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Jika pada awalnya bayi menolak atau muntah karena tahapan ini, Bunda dapat terus mencobanya sampai mau, karena jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah dan pertumbuhan rongga mulut dan gusi terhambat.

Perhatikan juga asupan zat besi untuk bayi Bunda, karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang. Setelah secara bertahap pemberian makanan pendamping ASI berupa bubur tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan bubur tim tanpa disaring. Untuk jenis sayur dan buah yang dapat dikenalkan pada usia bayi 7 bulan ini antara lain, wortel, sawi, asparagus, bayam, bit, lobak, kol, timun suri, mangga, blewah, peach. Bunda juga bisa menambahkan tahu, tempe, ayam, sapi, hati ayam/sapi.

Pada bayi usia 9 bulan, Bunda dapat memberikan bubur beras atau nasi lembek sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi BUnda, tambahkan juga lauk pauk dengan sayuran seperti sup, karena pada usia ini gusi dan gigi bayi mulai tumbuh dan dapat mengunyah dengan baik.

Bayi usia 1 tahun sudah dapat dikenalkan makanan keluarga sehari-hari sebagai makanan pendamping ASI.

Itulah tahapan pengenalan makanan pendamping ASI untuk bayi usia dibawah 1 tahun. Semoga dapat membantu Bunda dalam memberikan asupan yang terbaik untuk bayi Bunda.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar