≡ Menu

Sukses ? Anda juga Dapat Meraihnya dengan Mudah

Sukses adalah satu kata yang sangat diinginkan oleh semua orang. Semua orang pasti ingin sukses, baik dalam hal finansial, asmara, kesehatan dan hal lainnya. Namun, tidak semua orang yang menginginkan sukses tahu arti kesuksesan itu sendiri. Padahal, sebelum mencapai kesuksesan, Kita harus tahu terlebih dahulu definisi sukses itu apa. Semakin jelas dan rinci arti sukses buat Anda, maka Anda akan lebih mudah menggapai kesuksesan.


Setiap orang memiliki pandangan berbeda dalam mengartikan kesuksesan. Ada yang berpendapat orang sukses adalah orang yang memiliki harta banyak, orang sukses adalah orang yang menjabat sebagai Direktur suatu perusahaan besar dsb. Namun, apa hanya itu yang diartikan sebagai kesuksesan? Coba simak cerita berikut ini.

Pada saat liburan sekolah, seorang ayah yang menjabat sebagai Direktur suatu perusahaan multi-nasional ingin mengajak anaknya berlibur ke daerah yang jauh dari hingar-bingar kota. Ia mengajak anaknya ke sebuah kampung yang jauh di kaki gunung untuk menikmati pemandangan desa dan kehidupan di sana. Selama di desa tersebut ayah dan anak ini menginap di rumah saudara mereka.

Setelah satu minggu berada di desa tersebut, mereka kembali kerumah mereka di kota. Sang ayah merasa sangat senang karena dapat berlibur dengan anaknya untuk memperlihatkan kehidupan di desa agar sang anak bisa merasakan bagaimana menjadi anak kampung yang jauh dari kemudahan-kemudahan fasilitas seperti di kota.

Setelah berada di kota, sang ayah ingin menilai pandangan anaknya tentang pengalamannya selama di desa itu. Ia pun menanyakan kepada putranya.

“Bagaimna kesanmu selama tinggal di desa? adakah kamu melihat kehidupan orang-orang miskin di desa yang serba kekurangan dan minim fasilitas itu?” tanya sang ayah.

“Oh…. selama di desa saya melihat banyak hal yang sangat luar biasa. Mereka mempunyai tujuh ekor kambing yang sehat dan gemuk, sementara kita tidak punya. Di rumah kita ini hanya ada satu kolam ikan yang kecil, sedangkan mereka memiliki kolam yang lebih besar. Rumah kita di pagar karena takut ada maling dan perampok, kita tidak memiliki tetangga, sedangkan rumah mereka bertetangga dan mereka saling membantu untuk melindungi apabila ada maling atau perampok. Pekarangan rumah kita hanya sepetak, sedangkan pekarangan rumah mereka di desa luas dan bisa untuk bermain bersama dengan anak-anak lain. Kita membeli sayur, mereka menanamnya sendiri. Mereka tidak memiliki pembantu, tetapi ketika ada yang ditimpa kesusahan dan butuh bantuan, mereka semua saling membantu. Kita disini saat keluar rumah langsung naik mobil atau kendaraan, tidak kenal dengan tetangga dan merekapun tidak mengenal kita, sedangkan di desa mereka mempunyai kerabat, tetangga yang saling menyapa dan saling membantu.” jawab sang anak dengan polosnya.

Sang ayah terkejut dengan penilaian anaknya selama tinggal di desa. Sang anak kemudian berterima kasih kepada ayahnya yang telah menunjukkan kepadanya betapa “miskin” nya dia menjadi anak yang tinggal di kota.

Cerita diatas hanyalah contoh, bagaimana seorang ayah menilai bahwa kesuksesan, keberhasilan dan kebahagiaan  adalah banyaknya materi dan fasilitas yang dimiliki. Sedangkan anaknya melihat bahwa sukses, kebahagiaan dan keberhasilan dilihatnya dalam bentuk yang berbeda. Memiliki kehidupan yang bahagia, bebas bergerak, bebas bermain dengan tetangga, saling membantu tanpa pamrih tidak dinilai kesuksesan oleh sang ayah.

Hidup adalah perjuangan, dan setiap perjuangan ada rintangan dan halangan pasti ada jalan keluarnya. Pada saat kita menemukan jalan keluarnya itulah yang dinamakan kesuksesan. Karena sukses adalah proses saat Kita mau terus berusaha sampai menemukan solusi dan jalan keluar.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar