Rumus Menghitung Berat Badan Ideal

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal – Siapa sih yang tidak ingin memiliki berat badan ideal bagaikan model2 kenamaan? nampaknya itu merupakan pertanyaan konyol yang sudah dapat dipastikan jawabannya apa. Yupp, dapat pastinya semua orang, baik lelaki maupun perempuan menginginkan untuk memiliki berat badan yang proporsional dan ideal. Karena dengan kita memiliki berat badan ideal, kitapun bisa tampil secara maksimal dan sempurna. terlebih lagi akan dapat meningkatkan rasa percaya diri kita.

Yang kebanyakan ingin memiliki berat badan ideal ialah mereka yang memiliki kelebihan berat badan/obesitas, namun mereka yang memiliki masalah kurangnya berat badan pun saama halnya ingin memiliki berat badan yang ideal. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal memang dapat dikatakan sulit sekali, namun apabila kita memang menginginkan hal tersebut pasti akan di upayakan dengan segala cara agar dapat terpenuhi.

Bagi yang memiliki kelebihan berat badan, terkadang berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari cara-cara yang wajar hingga ekstrem, yang wajar ialah melakukan diet dan berolah raga, serta salah satu diantara berbagai cara yang ekstrem ialah sedot lemak. Terkadang orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan/obesitas sering di bully oleh teman-temannya, maka karena ingin cepat segera memiliki berat badan ideal merekapun melakukan berbagai cara yang instan. Hal tersebut dikarenakan terkadang susah sekali untuk menurunkan berat badan dengan cara diet sehat, bahkan tak sedikit juga yang melalukan diet dengan bantuan obat-obatan pelangsing badan namun tidak kunjung berhasil juga.

Bagi yang bermasalah dengan kekurangan berat badan, mereka biasanya akan melakukan menamabah asupan makan/aktivitas makan yang diluar dari kebiasaannya, karena dengan harapan bisa untuk menambah berat badannya. Dimulai dari banyak mengkonsumsi karbohidrat, ngemil, bahkan minum susu penambah berat badaan. Tak lupa ada salah satu jamu tradisonalpun mungkin akan dicoba, namun pasti hanya bagi mereka yang menyukainya saja yakni meminum jamu temu lawak yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Nah dari mana kita bisa mengetahui apakah berat badan kita ini sudah dikategorikan ideal atau belum? Adakah yang sudah tahu bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal? Jika kita masih ragu-ragu apakah kita tergolong orang-orang yana memiliki berat badan ideal atau belum, kita dapat mencoba menghitungnya dengan cara dibawah ini. Cara yang ada dibawah akan dibagi kedalam 2 bagian, adapun rumus dan cara menghitungnya adalah sebagai berikut :

Rumus 1 Untuk Menghitung Berat Badan Ideal

Berat ideal tubuh = (tinggi badan seseorang – 100) x 90%.

Sebagai Contoh : jika kita memiliki tinggi badan 155 cm, maka berat badan kita dapat dihitung:
Berat ideal = (155 -100) X 90%
= 55 x 90%
= 49,50
jadi berat badan ideal anda adalah 49,50 kg.
Sedikit catatan, selesaikan yang dalam kurung dahulu, seperti dalam konsep matematika.

Rumus 2 Untuk Menghitung Berat Badan Ideal

Untuk menhitung dengan rumus ini, apabila kita memiliki angka berat badan yang lebih besar dari 10-20% dari seharusnya berat badan ideal kita, maka kita dapat dikatakan memiliki kelebihan berat badan/obesitas. Dan jika berat badan kita menunjukan angka kurang 10% dari berat badan ideal, maka kita termasuk kedalam kategori orang kekurangan berat badan/kurus.

Rumus menggunakan metode hitung index tubuh :

BDI = BB : KTB

Keterangan:

  • BDI= berat badan ideal seseorang
  • BB= berat badan
  • KTB= Kuadrat tinggi badan dengan satuan hitung meter.

Sebagai Contoh : kita memiliki berat badan 80kg dan memiliki tinggi badan 1,70 meter. Maka hitungan berat badan ideal kita:

BDI =  80 kg : (1,702)

BDI= 80 kg : 2,89 m

BDI= 27,68

Untuk patokannya perhitungannya ialah sebagai berikut :

  • Jika berat badan ideal kurang dari 17 (<17 ) = maka kita termasuk seseorang yang sangat kurus (kekurangan Berat badan tingkat Berat).
  • Jika DBI adalah 17 = maka kita memiliki kategori berat badan tinggi ringan.
  • Jika BDI 18,4  sampai 21 = maka kita memiliki kategori berat badan normal
  • Jika BDI 21,1  sampai 27 = maka kita memiliki kelebihan berat badan kategori tingkat ringan.
  • Jika BDI 27,1  sampai 30 =  maka kita memiliki kelebihan berat badan berkategori tingkat sedang.
  • Dan Jika BDI menunjukan angka >30 = maka kita adalah seseorang dengan kelebihan berat badantingkat berat (kegemukan)

Rumus diatas sudah sangat jelas bukan? maka bagi kita yang ingin memastikan apakah kita memiliki berat badan ideal atau tidak, dengan menggunakan dua rumus tadi.

Memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh proporsional merupakan impian bagi setiap orang. Maka tak heran banyak yang rela melakukan apapun agar mereka memiliki berat badan ideal. Rumus Menghitung Berat Badan Ideal biasanya dihitung dengan rumus yang mengacu pada tinggi badan. Pastinya memiliki berat badan yang ideal akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *