Pilih Kuliah atau Kerja ?

Pilih kuliah atau kerja? Mungkin bagi sebagian orang akan kebingungan untuk memilih kedua hal tersebut. Malah sebagian lain membuat pilihan lain seperti kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah. Tidak salah memang bila Anda memilih untuk kerja saja, kuliah saja atau kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah. Namun, bagi Anda yang masih kebingungan untuk memilih hal tersebut, berikut ini beberapa pertimbangan agar Anda semakin yakin dengan apa yang akan Anda jalani.

Sebelum memilih dua hal tersebut, sebaiknya Anda menuliskan alasan-alasan untuk memilih salah satunya. Tulislah alasan untuk memilih kuliah sebanyak-banyaknya yang muncul dalam benak pikiran Anda, begitu pula alasan untuk bekerja. Tulislah sebanyak-banyaknya.

Sering-seringlah untuk berdiskusi dengan orang tua Anda dalam memutuskan apakah Anda memilih kuliah atau bekerja. Selain itu, berdiskusi dengan sahabat yang kuliah ataupun bekerja dapat Anda lakukan jika memang Anda masih bingung.

Pada dasarnya, kuliah atau kerja adalah hal yang sama karena dari dua hal tersebut Anda mendapatkan pelajaran tentang hidup namun bentuk penyampaiannya berbeda. Kuliah akan memberikan pelajaran hidup dengan banyak hal yang bersifat teoritis sedangkan bekerja akan mengajarkan Anda dengan cara yang lebih nyata yaitu melalui pengalaman yang langsung Anda praktekan.

Jika Anda cenderung memilih untuk bekerja terlebih dahulu, Anda harus berhati-hati karena biasanya orang yang telah mendapatkan uang cenderung malas untuk meningkatkan kemampuan. Meskipun itu terjadi tidak kepada semua orang.

Jika Anda memilih kuliah terlebih dahulu, Anda harus tetapkan target untuk memiliki kemampuan lain yang tidak dipelajari di mata kuliah Anda, seperti kemampuan negosiasi, dan presentasi karena kedua hal ini pasti akan Anda gunakan untuk mendapatkan pekerjaan.

Kuliah Sambil Bekerja atau Bekerja Sambil Kuliah

Yups! pada saat ini banyak sekali orang yang melakukan kedua tersebut secara bersamaan. Tujuannya jelas, kuliah sambil bekerja (biasanya paruh waktu), akan membuat Anda lebih terlatih untuk melakukan sebuah bidang pekerjaan dan dinamika pekerjaan yang terkadang penuh tantangan seperti target dsb. Sedangkan bekerja terlebih dahulu kemudian kuliah, tentu akan memberikan nilai lebih dimata perusahaan untuk menguatkan nilai kinerja Anda.

Cukup banyak yang berhasil untuk kuliah sambil bekerja atau bekerja sambil kuliah. Yang harus dilakukan adalah fokus untuk meningkatkan kemampuan diri.

Untuk Anda yang saat ini kuliah, carilah bidang pekerjaan yang tidak menyita waktu Anda. Seperti, menjadi translator jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, penulis lepas, pelayan toko, dsb. Bagi Anda yang saat ini bekerja dan ingin melanjutkan studi dengan kuliah, carilah universitas yang mempunyai jam perkuliahan non-reguler atau kelas karyawan atau juga bisa mengikuti universitas terbuka yang biasanya jam perkuliahan hanya dilakukan pada weekend (sabtu dan minggu), hal ini akan sangat membantu Anda agar tidak meninggalkan aktivitas utama Anda.

Masih bingung untuk pilih kuliah atau kerja?! Jika bisa keduanya secara bersamaan, kenapa tidak… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *