≡ Menu

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-PecahBibir adalah salah satu bagian wajah yang juga sering mendapat perhatian dari orang lain, baik itu lelaki ataupun wanita. Terlebih bibir pada wanita, dengan ia memiliki bibir lembut dan merah alami biasanya dapat menjadi daya tarik tersendiri, karena akan menjadikan dirinya menjadi lebih cantik. Bibir ditutupi kita itu sebenarnya oleh lapisan kulit yang sangat halus, yang dapat membuatnya rentan terhadap segala jenis kerusakan apabila tidak kita rawat dengan baik dan tepat. Bibir kering dan pecah-pecah merupakan salah satu masalah yang terjadi pada bibir kita.

Setiap orang pastinya pernah mengalami masalah ini, dan akan merasa tidak nyaman serta mengurangi rasa kepercayaan dirinya. Kulit pada bibir memangan memiliki sedikit perbedaan dengan kulit lainnya, karena kulit pada bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga bibir dengan mudah kehilangan kelembabannya. Nah itulah yang menyebabkan bibir kita menjadi cepat kering dan pecah-pecah, parahnya hal tersebut dapat menimbulkan rasa perih bahkan dapat berdarah apabila dibiarkan saja.

Beberapa beberapa faktor penyebab lainnya dari bibir kering dan pecah-pecah

ialah antara lain karena :

  1. Kurang minum air putih sehingga tubuh kekurangan cairan.
  2. Perubahan suhu yang membuat bibir tidak dapat beradaptasi.
  3. Polusi udara dan debu dapat menyebabkan bibir kering.
  4. Kebiasaan menjilat bibir dengan air liur.
  5. Kurang asupan buah dan sayuran.
  6. Sering mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan asin.
  7. Kebiasaan merokok, minum kopi dan alkohol.
  8. Alergi terhadap kandungan dalam kosmetik seperti lipstik.
  9. Menggunakan pasta gigi yang mengandung banyak detergen.

Jika kita sedang mengalami maslah pada bibir kering dan pecah-pecah, maka kita tidak perlu khawatir karena mengatasinya ternyata cukup mudah.  Kita tidak perlu menggunakan obat-obatan yang mahal, cukup dengan penggunaan obat-obatan tradisional dengan bahan alami. Berikut adalah bahan-bahan dan cara penggunaannya :

Dengan Madu
Madu dikenal sebagai makanan dengan sejuta manfaat. Salah satunya mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang dikarenakan kekurangan vitamin dan mineral. Caranyapun sangat mudah, kita cukup mengoleskan madu pada permukaan bibir yang kering tiga kali sehari secara rutin dan teratur. Selain menyembuhkan bibir kita yang kering dan pecah-pecah, kita pun akan mendapatkan bibir yang berwarna merah alami.

Dengan Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak, karena salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah kekurangan cairan maka mentimun akan sangat cocok untuk dijadikan solusinya. Caranya adalah dengan menggosokkan beberapa irisan mentimun pada bibir kita sehingga bibir dapat terhidrasi karena kandungan air yang cukup tinggi dari mentimun. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air hangat.

Dengan Tomat
Tomat dapat menyembuhkan masalah bibir kering dan pecah-pecah secara alami, sebab tomat memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Cara penggunaannya adalah pijat bibir kita dengan sepotong irisan tomat. Kita juga dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut sebelum mengoleskannya pada bibir.

Dengan Wortel
Wortel sangat ampuh jika kita gunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah bibir yang kering dan pecah-pecah, karena kandungan di dalam wortel dapat melembabkan kulit bibir yang kering dengan membuang sel-sel kulit mati pada bibir, serta dapat mejadikan bibir menjadi lebih merah alami. Cara penggunaan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menjadikan wortel sebagai jus untuk diminum, atau cara lainnya adalah dengan memarut wortel yang digunakan sebagai masker pada bibir kita. Lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan Bunga Mawar
Selain bisa digunakan untuk melembabkan bibir, kelopak bunga mawar juga mampu mengembalikan warna alami bibir Anda. Caranya adalah dengan merendam kelopak mawar dalam susu selama beberapa jam. Setelah itu haluskan hingga menjadi adonan seperti pasta. Oleskan ramuan tersebut pada bibir kita setiap malam sebelum tidur.

Dengan Gula
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan gula caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh gula dengan satu sendok teh madu, lalu aduk rata hingga membentuk sebuah adonan pasta. Oleskan adonan tersebut pada bibir yang pecah-pecah atau kering, dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, gosok bibir secara lembut dengan jari kita. Cara ini dapat mengelupas lapisan bibir yang kering.

Itulah dia beberapa cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan bahan-bahan alami. Semoga dapat memberikan informasi dan menjadi solusi bagi kita yang ingin memiliki bibir yang sehat, lembut, dan merah alami.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar