7 Manfaat Menangis yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat menangis? mungkin kita belum pernah tahu apa saja manfaat dari mengeluarkan air mata. Menangis atau mengeluarkan air mata biasanya cenderung karena suasana hati. Tetapi setelah diteliti ternyata menangis bisa menjadi obat mujarab yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja manfaat menangis?


Membunuh bakteri
Manfaat menangis yang tidak banyak diketahui adalah air mata dapat membunuh bakteri. Di dalam air mata terkandung cairan disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari mouse komputer, keyboard komputer, sendok, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri pada umumnya, hanya dalam waktu 5 menit. Hebat bukan?

Menyehatkan hidung
Penyakit sinusitis atau radang sinus juga dapat dicegah dengan kondisi menangis. Radang sinus atau sinusitis terjadi karena proses pertukaran udara pada hidung tidak berjalan normal atau kurang kelembaban.

Setiap tahunnya, penderita radang sinus semakin bertambah. Gejala yang umumnya dialami yaitu perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan hingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah yang tak jarang menimbulkan bengkak disertai rasa sakit pada bagian kepala.

Manfaat menangis untuk melembabkan saluran pernapasan adalah sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.

Mengurangi stres

Saat menangis air mata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres dan emosi, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi. Jadi daripada emosi tidak dilampiaskan lalu terkena gejala hipertensi, lebih baik menangis.

Bangkitkan mood
Manfaat menangis selanjutnya yaitu menangis bisa menurunkan level depresi. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh, sedangkan air mata yang dihasilkan dari iritasi mata adalah sebagai imun (perlindungan) dari bahaya yang menyerang mata.

Bikin mata lebih sehat
Air mata mengandung cairan lisozom yang berguna untuk membunuh bakteri dan dapat menjaga kelembaban mata. Hal ini sangat baik untuk indra penglihatan kita karena selalu bersih dan lembab. Manfaat menangis juga dapat meningkatkan ketajaman visual yang sudah kabur, sehingga dapat lebih fokus dalam melihat.

Melegakan perasaan
Menangis dapat membuat perasaan menjadi lebih rileks dan santai. Hal ini disebabkan karena sistem limbik, jantung dan otak mengalami penurunan kinerja untuk beberapa saat sehingga akan membuat perasaan dan emosi menjadi tenang.

Keluarkan racun
William Frey, seorang ahli biokimia telah melakukan beberapa penelitian dan studi tentang air mata, hasilnya ia menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi, ini sangat baik karena artinya racun-racun yang ada dari dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan mudah oleh air mata.

Itulah beberapa manfaat menangis yang ternyata banyak sekali yang belum kita ketahui. Tapi jangan sering-sering menangis karena akan membuat mata Kita menjadi sembab dan kurang enak untuk dilihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *