≡ Menu

Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami

Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami – Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk membuang sampah atau sisa-sisa dari metabolisme yang terjadi pada tubuh. Ginjal secara sistematis juga akan membuang cairan yang berlebih pada tubuh sekitar 750 ml hingga 1500 ml setiap harinya.

Ketika fungsi ginjal tersebut tidak optimal (gagal ginjal), maka sisa-sisa dari metabolisme tubuh tidak akan dikeluarkan dan bisa menjadi racun bagi tubuh. Hal inilah yang menyebabkan munculnya penyakit ginjal.

Mengobati penyakit ginjal secara alami adalah pilihan yang tepat, karena selain tidak memerlukan biaya yang mahal, munculnya efek samping yang berbahaya juga bisa diminimalisir. Namun sebelum melangkah lebih jauh mengenai pengobatan penyakit ginjal, ada baiknya jika kita mempelajari terlebih dahulu mengenai tanda-tanda serta faktor penyebab penyakit ginjal.

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat digolongkan ke dalam 2 jenis, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Untuk gagal ginjal akut, penyakit ini bisa saja muncul secara tiba-tiba dan bisa disembuhkan dalam waktu yang cepat. Namun pada gagal ginjal kronik, akan timbul secara perlahan dan proses pengobatannya bisa memakan waktu yang lama bahkan hingga seumur hidup.

Gagal ginjal akut memiliki tanda-tanda seperti bengkak pada kaki, pembengkakan pada mata, nyeri pada pinggang yang tidak tertahankan, sering buang air kecil disertai rasa nyeri dan sedikit merah bahkan terkadang mengeluarkan darah.

Sedangkan pada gagal ginjal kronik bisa ditandai dengan seringnya merasa mual, muntah-muntah, badan terasa lemas tak bertenaga, hilangnya nafsu makan, badan bengkak-bengkak, otot menjadi kejang, tubuh mudah memar, sesak nafas, anemia, dan rasa gatal pada tubuh.

Faktor Penyebab Penyakit Ginjal

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal seperti infeksi, obstruksi, kelainan bentuk, peradangan, menelan racun, atau suplai darah yang tidak makismal ke ginjal. Bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti diabetes, hipertensi, penyalahgunaan obat, atau kanker ginjal. Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol atau merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ginjal.

Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami

Setelah mengetahui beberapa tanda-tanda serta faktor penyebab penyakit ginjal, berikut cara untuk mengobati penyakit ginjal dengan menggunakan bahan-bahan yang alami:

– Daun sukun

Cara pertama adalah dengan menggunakan daun sukun. Sediakan daun sukun kering sebanyak 15 gram dan seduh daun tersebut dengan 1 gelas air mendidih. Diamkan hingga agak hangat lalu saring air tersebut dan minum 2 kali sehari selama 10 hari berturut-turut. Anda juga bisa menambahkan madu secukupnya sebagai penambah rasa.

Bagia Anda yang melakukan pengobatan dengan cara ini, sebaiknya hindarilah untuk mengkonsumsi makanan seperti daging merah, jeroan, daun singkong, bayam, kangkung, daun serta buah dari pepaya.

– Daun sendok, daun kumis kucing, dan rumput mutiara

Mengobati penyakit ginjal secara alami berikutnya adalah dengan mencampur 30 gram daun sendok dengan 60 gram daun kumis kucing dan 30 gram rumput mutiara segar. Rebus ketiga bahan ini dengan 4 gelas air dan biarkan mendidih hinnga menyisakan 2 gelas air saja. Saring air rebusan tersebut dan minum 3 kali sehari.

– Alang-alang

Cara lainnya dengan merebus 120 gram alang-alang ke dalam 3 gelas air dan biarkan hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja. Bagi air rebusan tersebut menjadi 3 bagian dan minum sebanyak 3 kali sehari.

– Semangka

Cara yang terakhir ini sangatlah mudah. Cukup dengan memperbanyak konsumsi buah semangka, terutama pada bagian putihnya. Seimbangkan kebiasaan ini dengan rutin meminum air putih 8-10 gelas perhari.

Sekian ulasan mengenai cara mengobati penyakit ginjal secara alami yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di disekitar Anda.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar