Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Menambah Nafsu Makan Secara Alami – Apakah Anda termasuk orang yang malas makan atau sama sekali tidak memiliki nafsu untuk makan? Kondisi seperti ini bukanlah hal yang baru, karena memang sering dialami oleh banyak orang. Hilangnya nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, bisa karena faktor fisik atau karena adanya faktor psikologis.

Seseorang yang dalam kondisi sakit atau memiliki masalah terhadap sistem pencernaanya jelas akan mengalami masalah dalam hal nafsu makan. Sedangkan mereka yang dalam kondisi psikologis seperti sedih atau stress, juga berpotensi besar untuk kehilangan nafsu makan.

Hal seperti ini jelas tidak bisa dibiarkan, karena tubuh sangat membutuhkan asupan makanan sebagai sumber nutrisi dan energi untuk tumbuh dan beraktivitas. Nah, bagi Anda yang memiliki kondisi seperti ini, berikut akan kami berikan beberapa tips dan cara dalam menambah nafsu makan secara alami.

Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Pepaya

Menambah nafsu makan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin. Namun jika dibandingkan dengan buahnya, bagian daun pepaya sebenarnya lebih efektif untuk menambah nafsu makan. Cara ini sendiri sudah menjadi resep turun temurun dari masyarakat tradisional Indonesia.

Daun pepaya tersebut dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai masakan seperti sayur. Namun daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit, sehingga Anda mungkin bisa mencoba untuk mengkombinasikan daun pepaya dengan jenis makanan yang lain. Anda juga bisa mencoba untuk menumbuk daun pepaya yang sudah diberi air, kemudian peras airnya. Air perasan tersebut kemudian bisa diminum langsung.

Daun pepaya bekerja untuk menambah nafsu makan dengan cara membasmi cacing-cacing yang terdapat pada sistem pencernaan. Karena pada dasarnya, cacing inilah yang bisa membuat hilangnya nafsu makan.

Pisang Ambon

Menambah nafsu makan secara alami bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi pisang ambon. Caranya dengan mensisir pisang ambon dan tambahkan sekitar 2 sendok madu. Aduk bahan tersebut hingga rata lalu konsumsi. Melakukan cara ini secara rutin setiap harinya akan memberikan hasil yang nyata dalam waktu 1 bulan. Untuk lebih optimal, Anda bisa mendampingi dengan konsumsi susu putih full cream setiap malam sebelum tidur.

Jeruk

Cara lainnya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk. Buah yang terkenal dengan rasa manis dan asam ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, sehingga efektif untuk menambah nafsu makan. Sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah ini, karena selain bisa mengembalikan nafsu makan, jeruk juga dapat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sering Tertawa

Bagi Anda yang memiliki masalah pada nafsu makan, sebaiknya mulailah untuk mencari sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa. Selain dapat mempengaruhi nafsu makan, tertawa juga dapat membuat tubuh lebih rileks serta bebas dari rasa stress.

Ketika tubuh sedang stress, maka secara psikologis akan timbul perasaan untuk menghindari makanan karena hati terbawa oleh susasana. Untuk itu, hindarilah segala kemungkinan yang bisa menyebabkan stress agar tidak menganggu nafsu makan Anda.

Rutin Berolahraga

Cara terakhir untuk menambah nafsu makan secara alami adalah dengan rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga, maka detak jantung akan meningkat yang diikuti oleh pembakaran kalori yang juga ikut meningkat. Ketika kalori yang terdapat dalam tubuh terbakar secara optimal, maka nafsu makan akan meningkat dengan sendirinya. Olahraga yang dilakukan sendiri tidaklah harus yang berat, cukup dengan berlari-lari kecil setiap pagi sudah cukup untuk memperbaiki nafsu makan Anda.

Demikianlah ulasan mengenai cara menambah nafsu makan secara alami yang bisa Anda coba. Dengan melakukan cara di atas, bukan hanya akan memperbaiki nafsu makan, namun Anda juga akan memiliki tubuh yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *