≡ Menu

Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah

Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah – Tomat merupakan buah yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, sehingga wajar saja jika tomat sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tomat mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Selain itu, tomat juga mengandung kalium, thiamin, folat, niasin, dan beragam mineral lainnya seperti tembaga, fosfor, dan magnesium.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, tomat juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk kulit wajah. Caranya dengan mengkonsumsi buah tomat secara langsung, atau menjadikannya sebagai bahan masker. Manfaat masker tomat untuk kulit wajah sangatlah banyak, dan tentu saja masker ini lebih aman jika dibandingkan dengan produk masker yang berada di luaran sana.

Penggunaan masker tomat sangatlah dianjurkan karena tingginya kandungan vitamin serta antioksidan pada tomat yang berfungsi baik dalam memelihara kesehatan kulit wajah. Dengan rutin menjadikan tomat sebagai bahan masker, maka kulit wajah akan terlihat bersinar dan cantik secara alami.

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan masker tomat untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit:

Mengatasi jerawat

Jerawat bisa dikatakan masalah yang universal bagi semua orang. Produk-produk kosmetika yang beredar di pasaran mungkin bisa mengatasi masalah ini pada sebagian orang, namun tak jarang produk seperti ini tidak memberikan hasil yang nyata. Bagi Anda yang mengalami kondisi seperti ini, alangkah baiknya jika menggunakan cara yang alami seperti memanfaatkan buah tomat.

Caranya cukup mudah, hancurkan buah tomat yang segar menggunakan blender, lalu aplikasikan ramuan ini langsung pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu cuci wajah Anda. Manfaat masker tomat untuk mengatasi jerawat sudah terbukti keampuhannya, dan tentu saja cara ini sangat aman untuk diterapkan dibanding dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

Mengecilkan pori-pori

Wajah yang memiliki pori-pori lebar sangat mudah untuk tersumbat oleh kotoran dan debu, sehingga wajah berpotensi untuk ditumbuhi jerawat atau komedo. Kandungan vitamin yang ada di dalam tomat ternyata dapat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori tersebut. Cukup dengan menggunakan masker tomat secara rutin, maka pori-pori wajah akan mengecil dengan sendirinya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa menggunakan masker tomat dengan campuran perasan air lemon.

Mengatasi minyak berlebih

Manfaat masker tomat untuk kulit wajah selanjutnya adalah untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah. Seperti diketahui bahawa minyak yang berlebih pada wajah sangat menggangu penampilan serta menjadi pemicu utama timbulnya jerawat. Dengan memanfaatkan perasan air tomat sebagai masker, maka minyak pada wajah bisa dikontrol dengan baik berkat kandungan astringent yang terdapat di dalam buah tomat.

Memulihkan kulit yang terbakar matahari

Paparan sinar matahari langsung tentu sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Disinilah peran dari buah tomat yang dijadikan masker, yaitu untuk memulihkan kondisi kulit wajah yang terbakar oleh sinar matahari. Anda bisa membuat tomat sebagai bahan masker dan mencampurkannya dengan plain yoghurt, lalu terapkan pada bagian kulit yang terbakar.

Membuat wajah tetap segar

Manfaat terakhir dari penggunaan tomat sebagai masker wajah adalah untuk membuat kulit wajah tampak lebih segar nan berseri. Anda bisa mendapatkan wajah yang segar dengan menggunakan tomat sebagai masker yang telah dicampur dengan madu. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, maka kulit wajah yang kusam akan tampak bersinar dan segar alami.

Itulah beberapa manfaat masker tomat untuk kulit wajah yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan cara-cara di atas.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar