≡ Menu
Catatan Kecil

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Masker

in kecantikan

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Masker – Lidah buaya merupakan tumbuhan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama Aloe Vera ini berwarna yang hijau pucat dan beribintik-bintik putih. Lidah buaya merupakan tanaman yang berasal dari benua Afrika, memiliki ciri khas sisi tangkai atau daun yang bergerigi.

Ukuran pohon lidah buaya tergolong pendek, hanya sekitar 40-50 cm. Meskipun ukurannya pendek jika dibandingkan dengan tanaman lainnya, namun lidah buaya memiliki kandungan zat-zat penting yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B21, vitamin C, vitamin E, inositol, kolin, hingga asam folat.

Selain itu, berbagai senyawa biologis aktif juga ditemukan di dalam lidah buaya seperti polymannans, mannans asetat, antrakuinon, dan berbagai lektin. Bahkan lidah buaya disinyalir memiliki sekitar 70 jenis zat yang sangat bermanfaat dan ada sekitar 200 senyawa lain yang membuat tanaman ini sangat berkhasiat untuk dijadikan obat herbal.

Dengan banyaknya kandungan zat-zat yang dimiliki oleh lidah buaya, membuat tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan luka dan beberapa penyakit lainnya. Selain itu, lidah buaya juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai bahan perawatan kecantikan.

Untuk perawatan kecantikan, lidah buaya bisa dimanfaatkan dengan menjadikannya bahan masker pada wajah. Sedangkan bagian gel dari lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan lulur untuk tubuh.

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Masker

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan lidah buaya sebagai bahan masker.

– Menghilangkan Flek Hitam
Penggunaan masker lidah buaya dapat mengatasi flek-flek hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Caranya dengan menyiapkan 1 sdm gel lidah buaya, 2 sdm jus lidah buaya, dan 2 tetes minyak mawar esensial, lalu aduk semua bahan ini hingga rata. Ramuan yang sudah dibuat ini bisa dioleskan langsung pada kulit yang memiliki flek-flek hitam. Kemudian biarkan sekitar 10 menit lalu bersihkan. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

– Mengobati Jerawat sekaligus Menghaluskan Kulit
Manfaat lidah buaya sebagai masker selanjutnya adalah untuk mengobati jerawat sekaligus mendapatkan kulit yang halus. Caranya cukup mudah, siapkan 1 tangkai lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya. Kemudian potong kecil gel lidah buaya tersebut dengan ukuran 2-3 cm. Oleskan langsung pada wajah yang berjerawat atau wajah yang kasar. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas.

– Mengangkat Sel Kulit Mati
Untuk mendapatkan kulit yang sehat, dibutuhkan proses regenarasi sel-sel kulit yang optimal. Dengan tertimbunnya sel-sel kulit mati pada bagian kulit, maka kulit akan terlihat gelap dan kusam. Kandungan alami pada lidah buaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati tersebut sehingga kulit akan lebih segar dan wajah terkesan lebih muda.

Caranya dengan mencampur gel lidah buaya dengan bedak dingin lalu aduk hingga rata dan oleskan pada permukaan kulit. Diamkan beberapa saat hingga kering, kemudian bilas. Sel-sel kulit mati akan terangkat secara optimal jika masker ini diaplikasikan setiap malam menjelang tidur.

Selain untuk masker dan perawatan kulit, lidah buaya juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti radang kulit, obat luka, diabetes, anti ketombe, bahkan sebagai obat anti stress.  Dari begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari lidah buaya membuat tanaman ini patut untuk dibudidayakan di halaman rumah Anda.

Semoga ulasan mengenai manfaat lidah buaya sebagai masker ini bisa bermanfaat bagi Anda.

0 comments… add one

Leave a Comment