≡ Menu

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan – Kayu manis merupakan jenis rempah-rempah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kayu manis sangat sering dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan karena bisa memberikan aroma yang sedap pada masakan. Namun selain untuk bumbu dapur, kayu manis ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Mengatasi infeksi
Manfaat pertama adalah untuk mengatasi infeksi. Kayu manis merupakan bahan alami yang memang memiliki kandungan-kandungan anti infeksi secara natural. Banyak hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan pada kayu manis bisa menghilangkan bakteri H. Pylori. Bakteri ini adalah penyebab terjadinya sakit maag. Selain bakteri H. Pylori, kayu manis juga dapat membunuh berbagai bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya.

Mengontrol gula darah
Kandungan antioksidan yang dimiliki kayu manis dapat membantu untuk mengontrol tingkat gula darah. Proses pencernaan akan menjadi lebih lancar serta membantu untuk memperbaiki respon insulin pada penderita diabetes tipe-2. Untuk 1 gram kayu manis, dapat menurunkan tingkat gula darah, kolesterol buruk, kolesterol total, dan triglycerides pada penderita diabetes. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung pada penderita diabetes.

Meningkatkan fungsi otak
Hanya dengan mencium aroma dari kayu manis saja, aktivitas dari otak akan meningkat. Proses kognitif seseorang akan meningkat sehingga sangat membantu dalam hal mengingat dan kecepatan saat bekerja.

Mencegah pertumbuhan sel kanker
Manfaat kayu manis bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah petumbuhan dari sel kanker. Sebuah penelitian dari University of Texas mengungkapkan bahwa proliferasi sel kanker dapat dikurangi dengan kayu manis. Tidak hanya untuk mencegah, kayu manis ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker.

Menurunkan kolesterol
Kayu manis memiliki kandungan mineral, kalsium, dan serat yang banyak. Oleh karena itu, kayu manis dapat mencegah kesehatan pencernaan dan usus, serta melindungi dari resiko penyakit jantung. Kalsium pada kayu manis juga dapat mengurangi kandungan garam pada tubuh dan mencegah terjadinya kanker usus. Selain itu, kandungan seratnya juga berkhasiat untuk mengobati konstipasi atau diare.

Menghangatkan tubuh
Di negara China, kayu manis sangat sering digunakan utnuk mengatasi masalah seperti demam atau influenza. Penyakit yang disebabkan oleh udara dingin ini dapat diatasi karena kandungan zat-zat yang terdapat pada kayu manis bisa memberikan rasa hangat pada tubuh.

Meringankan sakit rematik
Manfaat kayu manis bagi kesehatan yang lain adalah untuk para penderita rematik yang merasakan sakit berlebih. Sebuah penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine melaporkan bahwa kayu manis akan mengurangi sitokin. Sitokin adalah protein-protein kecil yang berfungsi sebagai mediator dan mengatur inflamasi, imunitas, dan hematopoesis yang bisa memicu terjadinya rematik.

Mencegah penggumpalan darah
Kayu manis menghasilkan minyak yang disebut dengan cinnamaldehyde, minyak inilah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kayu manis dapat mengeluarkan arachidonic, sebuah asam lemak anti peradangan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan serta penggumpalan darah.

Obat serbaguna
Manfaat lain dari kayu manis adalah fungsinya sebagai obat serbaguna. Untuk makanan, rempah ini bisa dijadikan sebagai obat pengawet yang alami. Sementara kandungan kalsium, serat, zat mangan dan zat besi dalam kayu manis juga dapat mengurangi rasa nyeri yang dialami saat haid atau saat melahirkan. Kandungan cinnamaldehyde yang bersifat natural juga bisa berfungsi untuk menyeimbangkan hormon serta mengurangi hormon testosteron yang berlebih pada wanita.

Demikianlah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan selain sebagai bahan masakan tentunya.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar