≡ Menu

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan – Makanan yang memiliki rasa pahit merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dihindari oleh kebanyakan orang. Namun sebenarnya, dibalik rasa pahit tersebut terdapat banyak kandungan zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah rasa pahit dari daun pepaya. Daun pepaya pada dasarnya memang memiliki rasa yang pahit, namun hal ini bisa diakali dengan mengolahnya menjadi sayur. Tapi tahukah Anda bahwa, dibalik rasanya yang pahit, ada begitu banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa daun pepaya pengandung 35 mg Tocophenol untuk setiap 100 mg daun pepaya. Sedangkan untuk daun pepaya yang masih muda, ditemukan kandungan enzim papain. Enzim papain yang identik dengan getah berwarna putih kental ini memiliki sifat proteolithik dan memiliki fungsi untuk memecah protein.

Sedangkan untuk daun pepaya yang sudah tua, terkandung senyawa fenolik. Secara umum, daun pepaya memiliki kandungan 10% papain, 20% lisozim, dan 45% khimoprotein. Enzim khimoprotein berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis. Sedangkan enzim lisizim berfungsi sebagai zat antibakteri yang memiliki cara kerja dengan memecah dinding sel bakteri.

Rasa pahit yang ditimbulkan oleh daun pepaya dikarenakan kandungan alkaloid karpain yang terdapat di dalamnya. Namun kandungan ini sangatlah efektif untuk mereduksi tekanan darah, menurunkan demam, dan membunuh mikroba.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami berikan berbagai manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

Penambah nafsu makan

Daun pepaya bisa menjadi obat untuk menambah nafsu makan pada anak. Caranya dengan menumbuk daun pepaya hingga halus, kemudian ambil airnya dan saring. Air dari perasan daun pepaya inilah yang bisa dijadikan obat untuk menambah nafsu makan.

Melancarkan ASI

Daun pepaya juga bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui, sehingga produksi ASI bisa menjadi lebih lancar. Caranya dengan menyiapkan 5 daun pepaya dan letakkan di atas api. Tunggu hingga daun pepaya tersebut layu, kemudian tempelkan pada payudara (kecuali puting) selagi masih hangat.

Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk menguatkan tulang dan gigi. Caranya cukup dengan mengkonsumsi daun pepaya secara langsung atau olah menjadi sayuran agar bisa mengurangi rasa pahit yang dikandungnya.

Mengobati nyeri saat haid

Kandungan alami dari daun pepaya dapat pula meredakan rasa nyeri pada perut yang sering dialami oleh wanita, baik itu menjelang atau di saat haid. Caranya dengan merebus 1 lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, minumlah air rebusan tersebut.

Menghilangkan jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, jemur 2 lembar daun pepaya tua hingga kering, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan air hangat secukupnya lalu oleskan ramuan tersebut pada wajah yang berjerawat. Biarkan ramuan tersebut mengering selama 20 hingga 30 menit.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan yang lainnya adalah untuk menurunkan darah tinggi. Caranya cukup dengan merebus 5 lima lembar daun pepaya menggunakan setengah liter air, lalu minum. Air rebusan ini akan terasa pahit, untuk itu, Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami.

Mengobati demam berdarah

Untuk mengobati demam berdarah, siapkan 5 lembar daun pepaya yang direbus bersama meniran, gula merah, dan temulawak. Tunggu hingga mendidih lalu minumlah air rebusan tersebut selagi masih hangat.

Jangan takut untuk mengkonsumsi daun pepaya hanya dikarenakan rasanya yang pahit. Karena dibalik rasa yang pahit tersebut, terdapat berbagai macam manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar