≡ Menu

Manfaat dan Khasiat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Pisang bagi Kesehatan Tubuh – Pisang bukan buah musiman, itu berarti buah pisang selalu ada sepanjang tahun. Pisang merupakan buah yang mudah didapat, enak, murah dan bergizi. Lalu apa saja manfaat buah pisang? Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat buah pisang bagi kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Pisang bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Sembelit

Pisang kaya akan serat sehingga dapat membantu mengatasi sembelit. Pisang juga kaya akan kalium yang membantu mengembalikan elektrolit yang hilang karena diare.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Mengurangi nyeri haid juga salah satu manfaat penting dari pisang. Kandungan vitamin B6 dalam pisang dapat membantu mengatur regulasi kadar glukosa darah dan perubahan suasana hati.

3. Membuat Ceria

Pisang dapat mengurangi gejala depresi karena pisang merupakan buah yang kaya akan triptofan. Triptofan merupakan protein yang membantu meningkatkan suasana hati sehingga membuat seseorang merasa lebih bahagia.

4. Menyehatkan Ginjal

Berbagai jenis penyakit ginjal dapat dicegah dengan memakan pisang secara rutin. Para wanita yang mengonsumsi pisang dan buah-buahan lainnya setiap hari diketahui mengalami penurunan resiko kanker ginjal secara signifikan. Senyawa fenolik antioksidan yang terkandung dalam pisang memiliki kemampuan memberi perlindungan terhadap penyakit ginjal.

5. Menguatkan Tulang

Senyawa fructooligosaccharide dalam buah pisang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium dari berbagai sumber. Orang yang sering mengonsumsi pisang sehari-harinya akan menurunkan tingkat gangguan tulang.

6. Membantu Berhenti Merokok

Kecanduan nikotin membuat susah menghentikan kebiasaan merokok. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang dapat membantu tubuh melawan efek kecanduan nikotin sehingga memudahkan orang yang ingin berhenti merokok.

7. Mengurangi Keasaman dan Mencegah Iritasi Lambung

Pisang memiliki kemampuan mengurangi kadar asam lambung. Oleh karena itu, buah ini ideal untuk mengatasi gejala maag. Pisang memicu tubuh memproduksi mukus kental sehingga melindungi lambung dari asam. Selain itu, pisang juga dapat membantu menghilangkan bakteri patogen yang bertanggung jawab menyebabkan ulkus.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Anak-anak yang suka makan pisang cenderung lebih pintar dari pada anak-anak yang tidak mengonsumsi pisang. Kandungan kalium yang melimpah pada pisang meningkatkan kemampuan otak sehingga membantu anak atau orang dewasa meningkatkan daya konsentrasinya.

9. Mencegah Stroke

Orang yang rentan terkena stroke disarankan mengonsumsi pisang setiap hari. Selain mencegah stroke, buah ini juga bisa menghindarkan munculnya komplikasi yang serius.

10. Mengobati Gigitan Nyamuk

Pisang adalah ‘makanan super’ karena bahkan kulitnya pun bermanfaat untuk mengobati gigitan nyamuk. Gosokkan bagian dalam kulit pisang di daerah yang digigit nyamuk untuk meredakan gatal dan bengkak pada kulit.

Itulah beberapa Manfaat dan Khasiat Pisang bagi Kesehatan Tubuh yang dapat saya paparkan disini. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar