≡ Menu
Catatan Kecil

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

in kesehatan

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan – Bagi masyarakat Indonesia, asam jawa dikenal sebagai penambah cita rasa dari sebuah masakan. Namun dibalik fungsinya sebagai bumbu dapur, asam jawa ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Asam jawa memiliki senyawa kimia seperti asam sitrat, asam tartar, asam appel, asam suksinat, asam anggur, pectin, dan gula invert. Selain itu, bagian kulitnya memiliki kandungan phlobatanin, sementara pada bagian bijinya terdapat kandungan albuminoid dan pati.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Asam jawa bisa digunakan sebagai obat alami utnuk mengobati penyakit seperti:

Batuk Kering

Sediakan 3 polong buah asam jawa dan setengah genggam daun saga lalu rebus ke dalam 4 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan air sekitar 1 gelas saja, lalu saring air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari.

Asma

Sediakan 2 potong kulit asam jawa dan adas pulawaras, kemudian rebus kedua bahan tersebut ke dalam 1 liter air. Tunggu hingga mendidih lalu saring dan minum saat suhu air sudah dingin. Dianjurkan untuk meminum ramuan ini 2 kali sehari.

Sakit Panas

Siapkan 2 polong asam jawa yang sudah matang, kemudian tambahkan garam secukupnya dan seduh dengan 1 gelas air panas, lalu saring airnya. Namun bagi para ibu hamil yang sakit panas, tidak disarankan utnuk meminum ramuan ini.

Reumatik

Manfaat asam jawa untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit reumatik. Caranya dengan menumbuk 2-3 biji asam dan 1 genggam daun asam jawa hingga halus. Kemudian jadikan hasil tumbukkan tersebut sebagai alat kompres pada bagian yang terasa sakit.

Demam

Untuk mengobati demam, rebuslah 1 genggam daun asam jawa bersama adas pulawaras ke dalam setengah liter. Tunggu hingga mendidih lalu saring airnya dan konsumsi 2 kali sehari.

Sakit perut

Sakit perut merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang. Namun hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan asam jawa dengan cara:

  • Campur 3 polong buah asam, minyak kayu putih, dan kapur sirih secara merata lalu gosokan pada bagian perut.
  • Cara lainnya dengan menyeduh 3 polong buah asam jawa dengan 1 potong gula aren ke dalam gelas, lalu saring airnya dan minum seperti biasa.
  • Sakit perut bisa juga diatasi dengan menyeduh 2 polong asam jawa, 1 potong gula kelapa, dan 1 rimpan kunyit yang sudah diparut. Seduh menggunakan air panas kemudian saring airnya sebelum diminum.

Sariawan

Manfaat asam jawa untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk mengobati sariawan. Caranya dengan merebus 2 polong buah asam jawa, 1 potong gula kelapa, dan 2 rimpang temulawak. Rebus dengan 2 gelas air dan tunggu hingga air rebusan tersebut menyusut hingga menyisakan 1 gelas saja. Saring air rebusan tersebut, lalu minum.

Sengat lipan atau lebah

Bengkak yang muncul karena sengatan lipan atau lebah bisa diatasi dengan menumbuk 3 – 5 biji asam jawa hingga halus. Kemudian bersihkan bagian yang bengkak tersebut dengan minyak kayu putih terlebih dahulu, lalu taburi atau tempelkan bubuk biji asam yang sudah dibuat sebelumnya.

Eksim dan Bisul

Siapkan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 1 genggam daun asam jawa yang masih muda. Kemudian tumbuk kedua bahan ini hingga halus dan tempelkan langsung pada bagian yang sakit.

Mencegah rambut rontok

Mencegah kerontokan rambut bisa dilakukan dengan memijat kepala menggunakan asam jawa yang matang dengan campuran sedikit air, lalu cuci bersih. Lakukan cara ini sebelum keramas menggunakan shampo.

Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat asam jawa untuk kesehatan yang bisa Anda coba.

0 comments… add one

Leave a Comment