≡ Menu
Catatan Kecil

Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

in kecantikan

Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan – Kunyit merupakan bahan alami yang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, baik sebagai jamu, maupun untuk perawatan kecantikan. Bahkan di dunia industri saat ini sudah muncul berbagai macam produk kesehatan dalam bentuk minuman, serbuk, tablet, kapsul, dan sebagainya yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya.

Kunyit merupakan tanaman yang masuk ke dalam kelompok jahe-jahean dan bisa dibagi menjadi 4 jenis, yaitu kunyit kuning, kunyit merah, kunyit putih, dan kunyit hitam. Kunyit memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan kurkuminoid yang berkhasiat sebagai obat. Kurkuminoid terdiri dari kurkumin, bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, minyak asiri (volatil oil), protein, karbohidrat, lemak, vitamin pati, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Begitu banyaknya kandungan yang dimiliki kunyit membuat tanaman ini sangat berkhasiat untuk kesehatan, terutama dalam menjaga kecantikan. Kunyit sudah menjadi rahasia turun temurun bagi masyarakat tradisional Indonesia dalam merawat serta menjaga kecantikan seorang wanita.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kunyit sebagai bahan kecantikan, berikut ulasannya:

– Menghilangkan Jerawat

Khasiat dan manfaat kunyit untuk kecantikan yang pertama adalah untuk menghilangkan jerawat. Jerawat pada wajah bisa dihilangkan dengan memanfaatkan kunyit sebagai bahan masker. Selain menghilangkan jerawat, penggunaan masker kunyit juga akan memebrikan kesan wajah terlihat lebih muda dan bercahaya.

Masker kunyit sangat sering digunakan oleh para calon mempelai sehari menjelang pernikahan mereka. Penggunaan masker kunyit menjadi pilihan bagi banyak wanita karena dapat memberikan wajah yang cerah serta mengurangi noda-noda pada wajah.

Untuk membuat masker kunyit, caranya sangatlah mudah. Siapkan 2 sendok makan tepung yang dicampur dengan 1 sendok makan susu organik yang masih hangat. Tambahkan sejumput kunyit dan 2 tetes minyak zaitun.

Campur semua bahan hingga menjadi sebuah pasta dengan menggunakan blender. Setelah itu, oleskan pasta yang sudah dibuat tadi pada bagian wajah dan keringkan sekitar 20 menit, lalu bilas. Masker kunyit sangat disarankan digunakan sebelum mandi.

– Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak

Khasiat dan manfaat kunyit untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk merawat kulit dengan kondisi yang kering atau berminyak.

  • Untuk kulit dengan kondisi yang kering, siapkan 1 putih telur, jus lemon, 2 tetes minyak zaitun, air mawar dan sedikit kunyit lalu aduk hingga rata. Ramuan yang sudah dibuat ini bisa diterapkan langsung pada wajah dan bagian tubuh yang kering lainnya seperti leher, siku, atau lutut. Biarkan hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.
  • Sedangkan untuk kulit yang berminyak, sipakan 2 sendok makan susu, 2 sendok makan bubuk kayu cendana, 2 tetes jus lemon, dan sejumput kunyit. Aduk semua bahan ini hingga rata lalu oleskan pada wajah yang berminyak. Diamkan hingga kering kemudian bilas.

– Mencegah Keriput

Masih untuk perwatan wajah, kunyit juga berkhasiat dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya keriput, terutama pada bagian mata. Caranya dengan mencampur 2 sendok makan mentega dan sedikit kunyit kemudian aduk merata hingga menjadi pasta. Pasta tersebut kemudian bisa dioleskan pada bagian mata dan biarkan mengering sekitar 20 menit, kemudian bilas bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan pasta tersebut 2 kali seminggu. Selain untuk menghilangkan keriput yang ada di sekitar bagian mata, pasta ini juga dapat menghilangkan lingkar hitam yang muncul pada bagian bawah mata.

– Menghaluskan Tumit

Khasiat dan manfaat kunyit untuk kecantikan yang terakhir adalah untuk menghaluskan tumit. Meskipun bagian tumit sering tertutupi oleh sepatu, namun terkadang tumit yang kasar menjadi salah satu penyebab seseorang merasa malu untuk melepas sepatu atau paling tidak menggunakan sendal.

Namun masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan kunyit sebagai obat alami. Campurkan 3 sendok makan kunyit dengan 3 tetes minyak kelapa, kemudian oleskan pada bagian tumit yang kasar. Selain untuk menghaluskan tumit, ramuan ini juga dapat mencegah terjadinya infeksi jamur pada bagian jari-jari kaki.

Sekian artikel tentang khasiat dan manfaat kunyit untuk kecantikanSemoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment