≡ Menu

Cara mengatasi Diare dengan Obat Alami

Mengatasi diare dengan obat alami merupakan langkah mudah dan tepat apabila Anda mengalami diare atau mencret. Diare adalah suatu penyakit yang dialami sesseorang dengan kondisi sering buang air besar dalam satu hari yang melebihi batas normal. Diare yang terus-menerus selama 3 hari lebih akan menyebabkan dehidrasi dan tidak menutup kemungkinan berujung pada kematian.


Diare dialami oleh semua orang, baik dewasa maupun bayi. Hal ini disebabkan oleh bakteri E. Colli yang masuk kedalam tubuh kita melalui air. Sehingga mengakibatkan sistem peencernaan kita menjadi tidak stabil dan menyebabkan diare.

Cara mengatasi diare dengan obat alami

Air rebusan daun jambu biji telah diteliti dapat menghambat pertumbuhhan bakteri E.Colli dan Staphylococcus Aureus penyebab diare. Selain itu buah jambu biji juga mengandung cukup banyak vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh sehingga buah dan daun jambu biji sangat baik untuk mengatasi diare dengan obat alami.

Cara mengatasi diare dengan obat alami menggunakan daun jambu biji yaitu, rebuslah daun jambu biji kering yang telah dibersihkan sebanyak 15-30 gram ke dalam 150-300 ml air. Rebusan sekitar 15 menit, air rebusan kemudian disaring, dan airnya diminum sebagai obat diare. Atau juga Anda dapat menggunakan daun jambu biji yang masih segar yaitu dengan cara memilih 12 lembar daun jambu biji yang segar, dicuci bersih dan ditumbuk halus. Tambahkan kira-kira setengah gelas air masak dan garam secukupnya agar tidak terlalu hambar. Aduk, kemudian ramuan ini diperas dan disaring. Air hasil perasan ini langsung diminum atau Anda dapat menambahkan madu agar terasa lebih enak.

Diare pada umumnya berhenti setelah 3 hari. Namun jika diare masih berlanjut, ada baiknya Anda periksakan diri ke Dokter agar mendapatankan penanganan dan pengobatan yang sesuai.

Jika diare dialami oleh anak atau bayi, mungkin Anda akan sedikit ragu memberikan ramuan air rebusan daun jambu biji. Obat alami untuk atasi diare pada bayi, balita atau pada anak-anak, Anda dapat memberikan cairan oralit sebagai pendamping makanan bayi atau anak Anda. Usahakan juga selama diare hanya mengkonsumsi makanan yang tawar agar perut tidak bekerja terlalu keras. Anda bisa memberikan biskuit atau membuat bubur tim.

Tips mengatasi diare dengan obat alami

Pada saat diare, cairan tubuh akan cepat  berkurang, maka perbanyaklah meminum air mineral minimal 8 gelas setiap hari dan jika saat mengalami diare juga diisertai demam, maka tambahlah konsumsi air mineral menjaadi 12 gelas setiap hari untuk menghindari dari dehidrasi. Anda juga dapat mengkonsumsi yoghurt agar tidak bosan mengkonsumsi air mineral sebanyak minimal 2 liter setiap hari. Yoghurt mengandung bakteri menguntungkan yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat seperti E. Colli sehingga hal ini akan mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda tidak menemukan yoghurt untuk Anda konsumsi selama sakit diare, Anda dapat menggantinya dengan minum teh tawar, air kelapa muda, oralit atau minuman yang mengandung elektrolit yang banyak beredar dipasaran. Selain itu, jus buah jeruk juga mungkin bisa menjadi pilihan.

Diare dapat  dicegah dengan menjaga kebersihan, terutama makanan dan minumaan yang kita konsumsi. Namun jika Anda ataau aanggota keluarga Anda mengalami diare, Anda dapat mengatasi diare dengan obat alami yang telah dijelaskan diatas.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar