≡ Menu
Catatan Kecil

Cara Alami Mengobati Masuk Angin

in kesehatan, tips

Cara Alami Mengobati Masuk Angin – Masuk angin merupakan penyakit yang disebabkan oleh kumpulan gas di dalam tubuh yang tidak merata penyebarannya. Namun dalam dunia medis, sebenarnya tidak ada istilah masuk angin. Masuk angin hanya dianggap sebagai sebuah mitos saja, meskipun sebenarnya hal ini sering dialami oleh kebanyakan orang.

Melihat dari penyebab serta gejala yang ditimbulkan, penyakit masuk angin mirip dengan influenza. Ke dua jenis penyakit ini disebabkan oleh udara dingin serta lembap yang berlebihan. Gejala yang ditimbulkan pun hampir sama, yaitu perut kembung, meriang, demam, mual, dan muntah.

Mengobati masuk angin bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat untuk flu. Masyarakat Indonesia sendiri punya kebiasaan untuk mengatasi masuk angin dengan mengerok atau menggosokkan koin pada bagian tubuh hingga kemerahan.

Namun selain cara-cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masuk angin seperti berikut:

Resep Alami Mengobati Masuk Angin

  • Memarkan 3 rimpang jahe kemudian campur dengan 2 gelas air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus ke tiga bahan ini sekitar 15 menit hingga menyisakan air separuh. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum selagi masih hangat sebanyak 2 gelas sehari.
  • Anda juga bisa membuat ramuan dari 10 gram daun kesumba keeling dan 3 gelas air, kemudian rebus. Tunggu hingga air rebusan berkurang sekitar 2 gelas saja, lalu saring airnya dan minum 2 atau 3 kali sehari.
  • Cara lainnya dengan menggunakan 100 gram ubi merah yang sebelumnya telah dikupas. Potong ubi merah tersebut menjadi bagian kecil dan rebus dengan 3 butir cengkeh, 7 gram jahe, 5 butir kapulaga, 5 butir merica, ½ butir biji pala yang sudah dimemarkan, 1/2 ibu jari kayu manis, dan tambahkan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan dan minum airnya setelah hangat, sementara ubinya dimakan. Konsumsi ramuan herbal ini 2 kali sehari.
  • Resep alami mengobati masuk angin selanjutnya dalah dengan membuat ramuan dari 30 gram jahe, 50 gram kencur, dan 6 butir kapulaga. Rebus semua bahan dengan air sekitar 800 cc air dan biarkan air rebusannya menyusut sekitar 400 cc. Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.
  • Cara lainnya dengan merebus 4 lembar daun pepaya yang sebelumnya dicuci bersih. Rebus daun pepaya dengan air sekitar 800 cc dan sisakan hingga 400 cc saja. Tunggu hingga hangat kemudian minum air rebusan tersebut.
  • Daun kayu putih kering juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masuk angin. Caranya dengan merebus 10 gram daun kayu putih kering ke dalam 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga menyisakan 1 gelas saja. Kemudian saring air rebusan tersebut lalu minum.
  • Cara terakhir adalah dengan merebus 300 gram daun lidah buaya bersama dengan 100 gram temu lawak, 80 gram kencur, dan 60 gram jahe, ke dalam 2000 cc air. Rebus hingga mendidih dan menyisakan sekitar 1000 cc air saja, kemudian minum ramuan ini selagi masih hangat.

Resep alami mengobati masuk angin di atas sangat direkomendasikan untuk dijadikan obat. Selain harganya yang murah, bahan-bahan yang digunakan juga mudah di dapat dan tentu saja khasiatnya tidak perlu diragukan lagi.

0 comments… add one

Leave a Comment