≡ Menu
Catatan Kecil

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

in kesehatan

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami – Anda memiliki masalah pada gusi? Gusi Anda terasa sakit dan membengkak? Tentu saja jika gusi terasa sakit pasti pipi akan terasa dan terlihat menjadi bengkak. Gusi bengkak pasti akan membuat aktivitas Anda terganggu. Penyebab gusi bengkak sebenarnya adalah dari adanya sisa-sisa makanan yang menempel dan menjadi plak di gigi, selain itu jga gusi bengkak dapat disebabkan oleh peradangan gusi. Berikut tips mengobati gusi bengkak secara alami.

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Berkumur dengan air garam

Cukup dengan mencampurkan air hangat dan garam saja, lalu kumur-kumur dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gusi. Namun hilangnya rasa sakit pada gusi ini hanya sementara, jika kambuh lagi Anda bisa kumur-kumur kembali menggunakan air hangat dicampur garam.

Vitamin C

Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin C dapat membantu penyembuhan gusi bengkak.

Sikat gigi teratur

Saat gusi sedang sakit, Anda harus tetap menyikat gigi. Pakailah sikat gigi yang berbulu sedang dan halus untuk menyikat gigi secara teratur, minimal sehari dua kali sikat gigi. Dengan menyikat gigi secara teratur maka dapat meningkatkan kesehatan gusi.

Obat kumur sederhana

Anda bisa membuat obat kumur sederhana dengan ramuan alami. Caranya, dengan campuran hidrogen peroksida atau baking soda. Berkumur dengan bahan tersebut dapat mencegah dan mengobati bengkak pada gusi. Anda dapat berkumur beberapa kali dalam sehari untuk mencegah produksi dan berkembangnya bakteri pada mulut.

Memijat gusi

Anda bisa mengobati sakit gusi dengan cara memijatnya menggunakan jari telunjuk yang bersih. Dengan memberikan pijatan pada gusi, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan gusi yang bengkak.

Minyak cengkeh

Terapkan pada gusi yang bengkak dengan campuran sedikit lada hitam untuk membantu meredakannya.

Perbanyak minum air putih

Saat gusi sedang sakit, disarankan untuk perbanyak minum air putih. Hal ini disebabkan meminum lebih banyak air dapat meningkatkan produksi air liur lebih banyak. Selain berfungsi dalam pencernaan, air liur juga dapat membunuh bakteri dalam mulut.

Itulah tadi beberapa tips mengobati gusi bengkak secara alami. Jika sakit berlanjut Anda harus cepat menghubungi dokter terdekat. Semoga bermanfaat :).

0 comments… add one

Leave a Comment