≡ Menu

Tips Memilih Judul Skripsi yang Tepat

Tips Memilih Judul Skripsi yang Tepat – Skripsi merupakan karya ilmiah berupa penelitian yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar sesuai jurusannya. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami stres dalam menjalankan tugas skripsinya. Kali ini saya akan membagikan tips memilih judul skripsi yang tepat. Simak tipsnya dibawah ini.

Tips Memilih Judul Skripsi yang Tepat

Pilih Judul Sesuai dengan Minat dan Kesukaan Anda

Pertama, coba pilih terlebih dahulu judul yang Anda inginkan. Hal yang utama dari judul yang Anda buat haruslah sesuai dengan minat dan kesukaan Anda. Kenapa? Agar termotivasi. Ketika Anda membuat skripsi mengenai kesukaan Anda, hal yang nanti akan Anda rasakan adalah antusias dan familiar. Antusias dalam mengerjakan, serta familiar dengan istilah-istilah didalamnya.

Review Judul Skripsi yang Sudah Ada

Ketika Anda sudah memiliki judul, pastikan judul yang Anda buat belum pernah dibuat oleh orang lain. Periksa database judul skripsi di kampus. Bisa itu dengan mengunjungi perpustakaan kampus atau kampus lain atau bisa juga googling mencari daftar judul skripsi di sebuah situs resmi salah satu kampus. Dengan langkah ini, kita sedikitnya terhindar dari plagiatisme. Lebih menguntungkannya lagi jika kita menemukan judul skripsi yang membahas bidang yang sama, variabel yang digunakan bisa kita pertimbangkan dalam skripsi kita.

Konsultasi dengan dosen pembimbing

Tentu setiap mahasiswa yang sedang dalam tahap pengerjaan skripsi memiliki dosen pembimbing. Nah, konsultasikan judul yang akan digunakan dengan dosen pembimbing. Dengan pengalaman serta pengetahuan mereka, pastinya akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan judul skripsi kita. Biasanya dosen pembimbing memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada kita mengenai variabel yang akan digunakan dan juga proses pengerjaan ke depannya.

Mencari referensi yang mendukung

Skripsi yang baik tentunya didukung oleh referensi yang baik pula. Bagaimana kita bisa mengemukakan teori yang mendukung jika kita tidak memiliki referensi yang baik? Carilah judul dengan sumber referensi yang sudah tersedia atau mudah didapatkan.

Sharing

Selain konsultasi dengan dosen pembimbing, gunakanlah waktu sebaik mungkin ketika kita sedang kumpul-kumpul dengan teman seangkatan untuk bertukar pendapat atau sharing mengenai judul skripsi kita. Kita bisa saja menanyakan alasan mereka memilih judul skripsi yang mereka gunakan kemudian jawaban yang muncul dari mereka bisa kita pertimbangkan. Apakah ada hal yang kita lewatkan sebagai pertimbangan memilih judul skripsi? Atau barangkali teman-teman kita memiliki hal baru dalam mempertimbangkan judul skripsi? Jika sharing dengan teman belum cukup, coba lakukan tips ini dengan alumni. Dengan pengalaman mereka pada saat memulai pengerjaan skripsi, hal ini bisa berkontribusi banyak untuk persiapan kita.

Selamat menjalani skripsi bagi anda yang akan melaksanakan, semoga tips memilih judul skripsi yang tepat ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar