≡ Menu
Catatan Kecil

Sepak Terjang Infeksi Virus Ebola

in pengetahuan

Sepak Terjang Infeksi Virus Ebola – Virus Ebola adalah Virus yang mematikan yang dapat menyababkan pendarahan pada organ tubuh dalam dan diluar tubuh manusia. Layaknya virus yang menyebar melalui tubuh, virus ebola dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan organ, yang pada akhirnya menyebabkan pembekuan sel darah menurun serta pendarahan yang tak terkendali.

Penyakit yang juga dikenal sebagai demam Ebola hemorrhagic atau virus ebola yang membunuh hingga mencapai 90% dari orang yang terjangkit penyakit tersebut, lantas bagaimana Sepak Terjang Infeksi Virus Ebola selanjutnya?, ikuti penelusuran berikut.

Penyebab Penularan Ebola

Virus ebola tidak seperti virus yang lebih umum seperti pilek, influenza atau campak, Namun penyebaran virus ebola tersebut menyebar melalui kontak dengan kulit atau cairan tubuh dari hewan yang terinfeksi seperti monyet, simpanse atau kelelawar buah, kemudian menjalar ke setiap orang dengan cara yang sama, karenanya para medis yang menangani korban meninggal dunia akibat virus tersebut mengenakan pakaian khusus dan streril agar mereka yang mengubur korban meninggal akibat virus ebola tidak menjalar kepada para medis yang bertugas.

Cara lain penyebaran virus tersebut adalah melalui permukaan jarum yang terkontaminasi. Ebola sendiri tidak menyebar melalui udara, air atau makanan. Seseorang yang memiliki ebola tetapi tidak ada gejala itu tidak dapat menyebarkan penyakit.

Gejala Ebola

Awalnya ebola dapat seperti flu atau penyakit lain. gejala ebola muncul itu 2 sampai 21 hari setelah terinfeksi dan biasanya meliputi: Demam tinggi, Sakit Kepala, Nyeri sendi dan otot, Sakit tenggorokan, Lemah, Nyeri perut, Kurangnya dan Nafsu Makan. Yang lebih memburuk menyebabkan pendarahan organ dalam tubuh seperti pendarahan melalui mata, telinga dan hidung. Beberapa akan muntah atau batuk yang mengeluarkan darah dan diare berdarah.

Bagaimana Diagnosis ebola?

Terkadang para medis mendapati kesulitan apakah seseorang mendapati virus ebola hanya dari gejalanya saja, namun doker dapat menguji untuk menyingkirkan penyakit lain seperti kolera atau malaria melalui tes darah dan jaringan yang juga kemungkinan mendiagnosa ebola. Namun jika anda sudah terjangkit virus ebola, anda akan terisolasi dari masyarakat untuk mencegah penyebaran.

Apakah ebola dapat diobati?

Para medis dan para peneliti masih bekerja keras untuk mencari penangkal virus tersebut, sampai saat ini belum ada obat untuk penyembuhan virus tersebut, namun para medis hanya mengobati dengan serum eksperimental yang menghancurkan sel terinfeksi dengan cairan dan elektrolit, Oksigen, Obat tekanan darah, transfusi darah dan pengobatan untuk infeksi lainnya.

Bagaimana cara pencegahan ebola?

Tidak ada vaksin untuk ebola dan cara terbaik untuk pencegahan virus ebola adalah untuk tidak berpergian dimana virus ebola ditemukan (afrika).

Sedangkan para petugas yang berjaga dapat mencegah infeksi dengan menggunakan masker, sarung tangan dan kacamata setiap kali mereka datang dan menangani dengan orang-orang yang mungkin memiliki ebola.

Fakta ebola

Pertama kali virus ebola muncuk sejak tahun 1976 sampai saat ini ada lima jenis virus ebola dan Empat dari mereka menyebabkan penyakit pada manusia.

Mendapatkan nama ebola sendiri dari sungai ebola, yang dekat dengan pedesaan di republik demokratik kongo dimana penyakit tersebut pertama kalinya muncul.

Demikian sajian mengenai informasi mengenai Sepak Terjang Infeksi Virus Ebola, semoga virus tersebut tidak menjalar dinegeri kita Indonesia tercinta.

0 comments… add one

Leave a Comment