≡ Menu
Catatan Kecil

Mengatasi Cegukan Pada Bayi

in pengetahuan, tips

Mengatasi cegukan pada bayi berikut ini dapat Anda gunakan agar cegukan yang bayi Anda alami bisa teratasi. Cegukan atau istilah lainnya adalah hiccups adalah kondisi dimana terlalu banyaknya udara yang masuk pada saat makan atau minum. Cegukan sebenarnya bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan karena cegukan adalah proses untuk menstabilkan komposisi antara udara, air dan makanan dalam perut. Namun terkadang kita sebagai orang tua khawatir apabila bayi kita mengalami cegukan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada umumnya dialami oleh orang dewasa, tetapi terkadang juga bayi mengalami cegukan. Cegukan yang dialami oleh bayi disebabkan karena fungsi saraf untuk mengatur diafragrma belum bekerja secara sempurna. Diafragma adalah ruang sekat antara dada dan perut yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara, air dan makanan.

Cegukan pada bayi pada umumnya terjadi setelah bayi berusia 3 bulan lebih. Dengan seiring berjalannya waktu, dan berfungsinya saraf-saraf pada bayi dengan sempurna. Cegukan pada bayi dapat hilang dengan sendirinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi bayi Anda. Namun demikian, meskipun cegukan bukan suatu hal yang mambahayakan bagi bayi Anda, tetapi hal itu dapat mengganggu kenyamanan bayi Anda sehingga bayi Anda cenderung mudah rewel dan gelisah (baca juga Penyebab Bayi Menangis dan Gelisah).

Berikut adalah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi :

1. Pijat Perlahan Punggung Bayi
Mengatasi cegukan pada bayi bisa dilakukan dengan cara membuatnya tenang dengan memijat secara perlahan punggung bayi Anda. Pijat secara perlahan untuk beberapa waktu sampai cegukan berhenti dengan sendirinya.

2. Mengubah Posisi Saat Menyusui
Cara mengatasi cegukan pada bayi yang kedua adalah dengan mengubah posisi pada saat menyusui. Saat bayi menyusui tidak jarang bayi Anda menelan udara berlebih yang menyebabkan cegukan. Ubahlah posisi pada saat menyusui sehingga bayi Anda tidak menelan terlalu banyak udara. Jika cegukan terjadi pada saat menyusui, sebaiknya Anda hentikan dulu pemberian ASI karena dikhawatirkan bayi Anda tersedak.

3. Usahakan Bayi bersendawa setelah menyusui
Untuk mengatasi cegukan pada bayi dapat dilakukan dengan membuat bayi Anda bersendawa. Dengan bersendawa dapat melepaskan kejang otot dan juga dapat membuat udara yang berlebihan di dalam perut akan keluar secara alami. Cara agar membuat bayi Anda bersendawa adalah dapat dengan menggendong bayi Anda sejajar dengan bahu Anda, sehingga udara yang berlebih dalam perut dapat keluar. Atau anda juga dapat menggendongnya dan menepuk punggungnya perlahan dan berulang-ulang.

4. Jadwal Makan yang Teratur
Untuk mengatasi cegukan pada bayi Anda juga dapat dilakukan dengan cara membuat jadwal makan yang teratur. Hal ini sangat dianjurkan untuk bayi Anda yang telah berusia 6 bulan lebih. Pemberian makanan pendamping ASI yang teratur dapat membuat kondisi tubuh terutama pencernaan bayi Anda menjadi lebih stabil dan sehat. Cegukan yang terjadi karena jadwal makan yang tidak teratur pada bayi anda dapat memicu gangguan pencernaan dan juga muntah. Sehingga Anda wajib untuk memberi asupan makanan bergizi dan sesuai dengan kebutuhan bayi Anda, termasuk jadwal makan bayi Anda.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi cegukan pada bayi. Anda dapat menggunakan salah satu cara tersebut agar cegukan pada bayi Anda bisa teratasi. Ingat, cegukan pada bayi tidak berbahaya namun Anda dapat mengatasinya agar bayi Anda tenang dan nyaman. Semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment