Tips Mudah Meningkatkan Daya Ingat Otak

Tips Mudah Meningkatkan Daya Ingat Otak  – Memiliki otak yang dapat mengingat berbagai hal dengan mudah merupakan impian semua orang. Namun tanpa kita sadari, makanan sehari-hari yang kita makan banyak sekali mengandung bahan kimia berbahaya yang berpengaruh pada daya ingat kita. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara dan tips mudah meningkatkan daya ingat otak.



Tips Mudah Meningkatkan Daya Ingat Otak 

Olahraga
Dengan berolahraga secara teratur, bukan hanya dapat menjaga badan akan tetap fit tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat otak sehingga tidak mudah lupa. Plak yang menumpuk pada sel darah menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat dan dengan berolahraga dapat mengurangi plak tersebut dan membuat otak kita menjadi lebih sehat.

Kendalikan Emosi
Orang yang tidak bisa mengendalikan emosi gampang sekali terkena stress. Stress ini dapat menyebabkan kinerja otak menjadi terganggu karena adanya beban pikiran yang lain. Jadi, kendalikanlah emosi Anda.

Istirahat yang Cukup
Tidur malam dan tidur siang sangat penting untuk meningkatkan daya ingat otak. Karena pada saat kita tidur, otak kita akan merekam kembali kejadian-kejadian yang dialami sebelum tidur, terutama setelah mempelajari sesuatu.

Mendengarkan Musik
Berdasarkan penelitian, musik-musik tertentu dapat membantu kita dalam menghafal dan meningkatkan daya ingat otak.

Mengajar
Mengajari orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita ketahui juga dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat karena secara tidak langsung kita juga mengulang hal tersebut bahkan bisa sampai hafal diluar kepala.

Mengunyah Permen Karet

Penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet memberikan hasil yang lebih baik pada uji ingatan jangka-panjang dan jangka pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah apa-apa. Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang meningkatkan denyut jantung atau ia mempengaruhi fungsi daerah otak yang diberi nama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.

Permainan Teka-teki Silang
Selalu ada olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti teka-teki silang yang bisa ditemukan di mana saja. Latihan-latihan itu akan menggugah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak agar saling berkesinambungan.

Adapula makanan yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan daya ingat otak, antara lain:

Minyak Ikan

Otak kita membutuhkan asam lemak omega3 yang bisa ditemui dari beberapa jenis ikan seperti mackarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya. Selain asam lemak omega-3, ikan-ikan ini juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan yodium yang bagus untuk saraf otak dan mengasah daya ingat lebih tajam.

Tomat

Faktor usia adalah salah satu hal penyebab menurunnya daya ingat otak kita. Untuk meningkatkan daya ingat, tomat adalah buah yang cukup bermanfaat. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan Lycopene dan antioksidan yang bisa membantu melindungi terhadap jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang diakibatkan karena faktor usia.

Blakcurrant

Vitamin C pada Blackcurrent sudah dikenal memiliki kekuatan untuk meningkatkan ketangkasan mental dalam berfikir. Mampu menjaga otak dari racun dari lingkungan ataupun makanan, sehingga bisa mencegah terjadinya penurunan daya ingat.

Kuaci Biji Labu

Meningkatkan daya ingat bisa dengan makanan yang mengandung zinc. Zinc baik untuk meningkatkan daya ingat dan memelihara ketajaman otak dan pikiran. Zinc bisa ditemukan di kuaci biji labu.

Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin K, yang dikenal baik untuk meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak dalam berfikir.

Nah itulah tadi beberapa tips mudah meningkatkan daya ingat otak. Tentu sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *