≡ Menu

Tips Merawat Mata Agar Tetap Sehat

 Tips Merawat Mata Agar Tetap Sehat –  Mata yang cantik dan indah tentunya menjadi dambaan semua orang. Namun terkadang tidak semua orang mendapatkan mata yang sehat. Untuk membuat mata Anda tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini:

Tips Merawat Mata Agar Tetap Sehat

  • Menonton Televisi Tidak Terlalu Dekat

Jarak yang aman untuk menonton televisi kira-kira 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.

  • Bekerja / Bermain Komputer Tidak Terlalu Lama

Biasakan beristirahat dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali istirahat melihat yang jauh-jauh dan tumbuh-tumbuhan hijau selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

  • Membaca Buku

Jarak yang aman membaca buku yaitu 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

  • Hindari Debu Dan Polusi

Bagi Anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti pengendara motor sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

  • Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A

Perbanyak makan makanan sehat untuk mata. Semua pasti tahu makanan sehat untuk mata adalah wortel. Namun tak hanya wortel yang dapat menyehatkan mata, buah-buahan dan sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kangkung, atau sayuran lainnya juga penting untuk kesehatan mata. Penelitian juga menunjukan bahwa makan ikan yang mengandung omega-3 tinggi, seperti salmon, tuna, dan ikan pecak juga bermanfaat bagi kesehatan mata.

Jagalah kesehatan mata Anda agar tidak tersiksa karna harus memakai kacamata terus-menerus. Dengan mata yang sehat pasti punya banyak peluang untuk tembus tes-tes kesehatan yang mengharuskan mata Anda sehat wal’afiat. Hubungi dokter setiap Anda memiliki masalah pada mata Anda. Semoga artikel tentang tips merawat  mata agar tetap sehat ini bermanfaat untuk kita semua.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar