≡ Menu

Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat

Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat – Di era modern ini sudah banyak orang yang melakukan aktivitasnya didepan komputer, dari anak-anak, remaja, orang tua, pekerja kantoran, bahkan semua kegiatan pun menggunakan komputer, di sekolah, di mall, dll. Hal ini karena kebutuhan manusia terhadap efisiensi waktu yang sangat tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi, apakah Anda sadar bahwa menggunakan komputer yang salah akan mempengaruhi tubuh Anda seperti leher, kepala, lengan, mata dan punggung. Selain itu menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama dapat berakibat stres fisik dan akhirnya menyebabkan tubuh menjadi cacat.

Tentunya Anda tidak ingin kan hal-hal buruk diatas terjadi pada diri Anda? Yuk kita simak beberapa tips dibawah ini.

Tips Menggunakan Komputer yang Baik dan Sehat

Ciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan tenang

Fator lingkungan sangat penting dan sangat menunjang supaya kegiatan berkomputer Anda terasa nyaman dan tidak terganggu. Jika lingkungan Anda bersih, rapi dan tenang, maka secara otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan pekerjaan didepan komputer. Dan dapat Anda bayangkan jika lingkungan Anda berserakan kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan Anda akan sangat terganggu karena faktor lingkungan sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan.

Perhatikan posisi duduk

Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk, ataupun miring.

Perhatikan posisi monitor

Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan monitor komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.

  • Atur posisi sehingga jarak Anda dan monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
  • Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
  • Usahakan posisi monitor sejajar dengan mata.
  • Jika komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).
  • Jagalah agar kondisi layar monitor Anda tetap bersih dari debu.

Posisi mouse dan kerboard yang mudah dijangkau

Menempatkan keyboard dan mouse ditempat yang susah dijangkau hanya akan membuat Anda susah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman, silahkan simak beberapa tips berikut.

  • Letakkan Mouse dan Keyboard tidak jauh dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda dapat lebih rileks.
  • Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.
  • Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.
  • Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
  • Peganglah Mouse dengan santai dan rileks.

Istirahatlah secara periodik

Sangat tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini dapat mengakibatkan badan Anda terasa pegal-pegal dan nyeri pada punggung. Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat mengurangi pegal-pegal dan menambah kenyamanan Anda dalam mengoperasikan komputer.

  • Warm Up (Pemanasan) – Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
  • Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
  • Gerakkan kepala kekiri dan kekanan secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
  • Mengistirahatkan Mata – Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer Anda, lalu lihat tanaman yang berwarna hijau.

Nah itulah tadi beberapa tips menggunakan komputer yang baik dan sehat. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar