≡ Menu

Penyebab Kulit Kusam

Penyebab Kulit Kusam – Kulit kusam adalah kondisi kulit tidak sehat karena kurangnya asupan oksigen dan cairan dalam pembuluh kulit. Akibatnya kulit terasa kering, gelap dan mudah alergi terhadap cuaca. Kulit kusam juga dapat terjadi pada wajah, sehingga membuat tidak percaya diri dan memberikan kesan yang kurang baik pada penampilan kita.

Penyebab kulit kusam dan gelap

Faktanya adalah kulit manusia diregenerasi setiap hari melalui asupan gizi dan vitamin yang kita konsumsi. Berdasarkan penelitian, proses regenerasi kulit secara sempurna berlangsung selama kurang lebih 18 hari. Dalam proses tersebut jika Anda mengkonsumsi banyak buah dan sayur serta memperbanyak minum air putih secara teratur dapat mempercepat dan mengembalikan kondisi kulit kusam menjadi sehat dan lembab kembali. Faktor usia juga mempengaruhi proses regenerasi sel kulit kita, dimana orang yang berumur lebih tua akan memerlukan waktu yang lebih lama dibanding yang masih muda. Hal ini dikarenakan sel-sel pembuluh dan pembentuk jaringan kulit orang yang lebih tua banyak yang tidak dapat diregenerasi. Sehingga akibat yang ditimbulkan adalah kendurnya jaringan kulit dan kulit akan terlihat keriput. Selain penyebab tersebut ada beberpa penyebab kulit kusam dan kering yang lain, yaitu diantaranya :

1. Faktor Keturunan atau Genetika
Penyebab kulit kusam yang pertama adalah karena adanya faktor genetika atau faktor keturunan. Yaitu penurunan gen dari orang tua (ayah atau ibu atau keduanya) yang memiliki kulit kusam sehingga kulit Anda memiliki gen yang membentuk sel kulit yang sama yaitu kulit yang kusam dan kering.

2. Pola Hidup dan Pola Makan
Kurang berolahraga, mandi tidak teratur dan tidur tidak teratur atau pola hidup yang kurang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk kesehatan kulit Anda. Contoh kecilnya adalah jika Anda kurang berolahraga, kulit Anda menjadi kusam karena pori-pori jarang mengeluarkan keringat. Dengan mengeluarkan keringat melalui pori-pori ditubuh kita, secara langsung jaringan kulit juga memperbarui sel-sel kulit sehingga kulit akan sehat. Begitu juga pola makan atau makanan yang Anda konsumsi. Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji dengan kandungan gizi dan vitamin yang rendah menjadi penyebab kulit kusam dan kering atau kulit menjadi berminyak.

3. Kurang mengkonsumsi air putih
Dengan minum air putih secara teratur, akan melancarkan aliran oksigen dalam darah yang dibutuhkan untuk meregenerasi sel dan jaringan kulit. Biasakan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari agar kelembaban kulit dan kesehatan tubuh terjaga. Kurang mengkonsumsi air putih selain menyebabkan kulit kusam dan kering, dapat juga membuat tubuh Anda dehidrasi atau kurang cairan dalam tubuh sehingga Anda cepat lelah, lesu dan tidak bersemangat.

4. Faktor Cuaca
Penyebab kulit kusam yang berikut ini sering terjadi dan sebagian besar mengatakan penyebab utama kulit kusam dan kering yaitu, jika Anda bekerja diluar ruangan dengan cuaca yang panas, atau Anda bekerja diruangan ber-AC yang terlalu dingin. Ini akan membuat kulit Anda cepat kusam dan kering. Cuaca panas diluar ruangan membuat kulit kering dan debu-debu menempel pada kulit sehingga menutup pori-pori kulit. Sedangkan pada ruangan yang ber-AC atau dignin, pori-pori menjadi mengecil dan menciut karena itu adalaha mekanisme tubuh kita dalam beradaptasi dan menjaga suhu tubuh.

5. Salah Memilih Produk Perawatan Kulit
Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga Anda jangan langsung percaya dengan produk perawatan kulit rekomendasi teman Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kulit atau ahli kosmetik untuk menentukan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Itulah beberapa penyebab kulit kusam yang sering dialami oleh kita. Dengan mengetahui penyebabnya diharapkan Anda dapat mengambil tindakan pencegahan agar kulit Anda tidak kusam dan kering. Anda juga dapat membaca Tips Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak atau Tips agar Kulit Lembab dan Sehat sebagai pertimbangan Anda dalam menjaga dan merawat kulit Anda. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar