≡ Menu

Mengajarkan Anak agar Makan Makanan Sehat

Mengajarkan Anak agar Makan Makanan Sehat – Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anak kita sehat. Dengan memberikan makanan sehat bergizi adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan agar anak Anda sehat dan tumbuh kembang anak Anda baik. Namun, terkadang anak-anak kita sulit untuk makan makanan yg bergizi seperti sayur-sayuran dan lebih menyukai daging atau bahkan makanan instan dan jajanan disekolah yang belum tentu kebersihan dan kesehatannya.

Untuk mengajarkan anak agar makan makanan sehat dapat Anda mulai dengan cara sederhana yaitu mengajarkan anak unutk mengkonsumsi buah-buahan. Anda dapat menyajikan potongan buah-buahan dan mencampurnya dengan beberapa potongan sayur seperti wortel atau daun bayam yang telah direbus sebelumnya.

Anda harus pandai mengatur sajian untuk anak-anak Anda, karena apabila Anda salah dalam mengajarkan anak agar makan makanan sehat, anak Anda bisa saja akan tidak menyukai jenis makanan yg Anda sajikan bahkan bisa saja alergi. Oleh karena itu, Anda harus menghindari beberapa kesalahan dalam mengajarkan anak agar makan makanan sehat berikut ini. Sehingga anak Anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi yang Anda sajikan.

Kesalahan dalam Mengajarkan Anak agar Makan Makanan Sehat :

1. Hanya Menyajikan Makanan yang Disukai Anak

Selalu menyajikan makanan yang disukai anak adalah hal yang sering dilakukan para orang tua dalam memberikan asupan gizi kepada anak-anak. Karena terkadang kita sebagai orang tua lebih memilih untuk lebih baik anak makan makanan yang dia suka daripada anak kita tidak mau makan. Sebetulnya ini adalah hal yang salah, sehingga kita harus mencoba untuk memperbaikinya dan mengajarkan anak agar makan makanan sehat. Cara yang dapat Anda lakukan adalah mencoba untuk mengkombinasikan makanan yang kurang disukai anak dengan makanan yang anak-anak sukai agar anak Anda tidak menjadi pribadi yang pemilih makanan dan hanya memakan makanan yang disukainya saja.

2. Memaksa Anak untuk Mencoba Sedikit

Kesalahan dalam mengajarkan anak agar makan makanan sehat berikutnya adalah kita sebagai orang tua terkadang memaksa anak kita untuk mencoba memaksakan anak mengkonsumsi makanan yang kita sajikan. Anda tidak perlu memaksakan hal tersebut dan sebagai solusinya adalah Anda dapat memberikan penjelasan tentang makanan yang kita sajikan kepada anak Anda tentang manfaat dan gizi dari makanan tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak secara alami dan naluri akan menolak sesuatu yang dipaksakan untuk mereka, sehingga Anda harus pandai mencari trik dan cara lain yang bisa anak Anda terima.

3. Memberikan Makan Anak Sambil Berjalan

Ketika Anda menyajikan makanan dan minuman atau cemilan untuk anak Anda, ajarkan selalu untuk duduk. Karena dengan makan sambil berdiri dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Terlebih bagi anak Anda yang belum mempunyai sistem pencernaan yang kuat seperti halnya orang dewasa. Mungkin Anda ingat pernyataan orang tua kita jaman dahulu bahwa jangan makan sambil berdiri, karena seperti kuda atau kambing yang artinya tidak sopan dan tidak menghormati makanan. Jika Anda membaca tata cara hidup orang jepang pada umumnya, masyarakat jepang sangat mengjunjung tinggi cara makan sambil duduk, bahkan mereka akan tetap duduk selama kurang lebih 30 menit setelah makan hanya untuk memastikan bahwa makanan yang baru saja dimakan dapat dicerna dengan baik. Atau bagi Anda yang muslim bahkan ada hadist tentang aturan makan sambil duduk ini. Hal ini telah dibuktikan oleh ilmu kedokteran modern yang mengungkapkan bahwa minum dan makan dalam keadaan berdiri menyebabkan air atau makanan yang kita makan berjatuhan dengan keras pada dasar lambung dan menumbuknya, sehingga menjadikan lambung kendor dan menyebabakan pencernaan sulit. Apalagi dilakaukan secara terus menerus dan menjadi kebiasaan maka akan mengakibatkan luka pada dinding lambung

Maka dengan demikian, kita sebagai orang tua haruslah memberikan contoh dalam mengajarkan anak agar makan makanan sehat dan sesuai dengan tata cara makan yang baik dan benar.

Dengan membiasakan hal-hal tersebut kepada anak dan kita sebagai orang tua memberikan contoh, anak-anak kita dapat mengikutinya dan kita dapat dengan mudah mengajarkan anak agar makan makanan sehat dan sesuai dengan tata cara makan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar