≡ Menu
Catatan Kecil

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Rambut

in kecantikan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut adalah satu dari sekian banyak manfaat dari buah yang rasanya asam ini. Jeruk nipis memang dikenal sejak lama bahwa mempunyai beragam manfaat kesehatan untuk tubuh, terutama karena kandungan nutrisi vitamin C nya yang sangat tinggi, serta baik dikonsumsi untuk orang yang sedang dalam proses diet.


Namun, di balik semua itu, ternyata terdapat kegunaan lainnya dari buah berwarna hijau kekuningan ini, yaitu bagi kecantikan. Buah berbentuk bulat ini cocok dijadikan bahan perawatan rambut. Bahkan, beberapa produk shampoo juga ada yang menggunakan bahan dasar dari jeruk nipis, jadi ini memang benar-benar sudah terbukti secara ilmiah juga.

Sekilas tentang jeruk nipis, sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat-manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan rambut. Jeruk nipis adalah buah dengan ukuran tak lebih besar dibandingkan bola ping pong, dan termasuk ke dalam jenis tumbuhan perdu yang memiliki banyak cabang. Buah ini juga masuk dalam kelas dikotil, atau dikenal juga dengan tumbuhan berkeping dua. Buah jeruk nipis bisa ditemukan dengan mudah di negara Indonesia, karena bisa tumbuh subur di negara tropis, tumbuhnya di daerah dataran rendah dengan sinar matahari yang memadai sehingga Anda dapat mudah mencarinya dan dapat menggunakan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut.

Manfaat-Manfaat dari Jeruk Nipis untuk Kesehatan Rambut

Yang pertama yaitu jeruk nipis dapat membantu menghilangkan ketombe juga mengurangi produksi minyak yang berlebihan di daerah kulit kepala. Apalagi untuk wanita yang berjilbab, akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan shampoo berbahan jeruk nipis.

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan rambut yang kedua jeruk nipis bisa memberikan sensasi segar dan fresh pada kulit kepala, sehingga akan bebas dari rasa gatal dan tetap nyaman walaupun suhu sedang terik. Jika Anda ingin menggunakan cara alami, dalam artian tidak menggunakan shampoo berbahan jeruk nipis, maka Anda dapat menggosokkan sari jeruk nipis di daerah kulit kepala lalu lakukan pijatan ringan. Usap dengan teratur di kulit kepala supaya hasil maksimal bisa diperoleh. Anda juga dapat mencampurkan perasan dari jeruk nipis bersamaan dengan alpukat, minyak zaitun, ataupun santan agar khasiat bagi rambut dan kesehatan kulit kepala Anda bertambah.

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan rambut berikutnya yaitu jeruk nipis bisa menjadikan rambut semakin kuat, khususnya apabila Anda mempunyai rambut yang mudah rontok, maka tak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan buah nipis, lagipula harganya cukup murah dan bisa Anda peroleh dengan mudah di pasar tradisional.

Yang keempat manfaat jeruk nipis untuk keseatan rambut yaitu rambut Anda akan menjadi berkilau. Dengan menggunakan jeruk nipis, maka rambut Anda pun akan terlihat semakin cantik berkilau. Selain memperkuat, jeruk nipis bisa menjadikan rambut terlihat lebih bersinar dibandingkan sebelumnya. Caranya yaitu dengan membuat masker berbahan dasar jeruk nipis ini, gunakan air perasan jeruk nipis, campur dengan madu ataupun susu, lalu usapkan masker pada rambut, dan tunggu sekitar kurang lebih 25 menit. Setelah 25 menit terlewati, bilas rambut hingga bersih, bisa gunakan juga kondisioner pada waktu membilas agar Anda mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Yang kelima dan manfaat terakhir dari manfaat jeruk nipis bagi kesehatan rambut yang akan kita bahas sekarang, yaitu membantu menghitamkan rambut. Caranya yaitu peras jeruk nipis secukupnya, lalu usapkan pada rambut dan jemur di bawah sinar matahari 1 jam, ini supaya sari dari jeruk nipis dapat terserap ke batang rambut dengan baik. Terakhir bilas sampai bersih.

Jeruk nipis dengan ini terbukti bahwa walaupun harganya murah, mudah didapatkan, ternyata menyimpan rahasia manfaat yang begitu besar untuk kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Sekian informasi tentang manfaat jeruk nipis bagi kecantikan rambut Anda. Semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment