≡ Menu

Kegiatan Bandel Anak Balita yang Harus Orang Tua Maklumi

Kegiatan bandel anak balita yang harus orang tua maklumi – Anak-anak sering sekali melakukan beragam aktivitas yang menggemaskan. Pada usia ini balita pada umumnya sangat aktif melakukan kegiatan yang mereka sukai. Beberapa kegiatan seperti menggambar (atau mungkin labih tepatnya mencorat coret), bernyanyi, memukul-mukul berbagai benda, menari dan kegiatan lainnya sering dilakukan oleh anak-anak balita sebagai kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan mereka dan mereka senangi.
Namun dari berbagai kegiatan tersebut tidak sedikit kegiatan yang cukup berbahaya dan berresiko bagi anak atau lingkungannya. Kegiatan tersebut bisa dikategorikan kegiatan nakal atau bandel, sehingga kita sebagai orang tua cukup kewalahan untuk mengatasinya. Meskipun begitu kita sebagai orang tua harus bijak dan memaklumi kegiatan anak balita kita tersebut karena dari kegiatan-kegiatan bandel tersebut anak kita dapat belajar cepat tentang banyak hal. Sehingga sebaiknya kita tidak memarahi anak, tetapi mengarahkan anak kita agar rasa penasaran dan keingintahuan anak tetap tersalurkan.

Berikut ini adalah kegiatan bandel anak balita yang harus orang tua maklumi :

1. Mencoret-coret Dinding
Kegiatan bandel anak balita yang harus orang tua maklumi yang pertama adalah mencoret-coret dinding. Kegiatan ini sangat lazim dilakukan anak-anak balita pada masa tumbuh kembangnya. Hal ini dipicu oleh stimulan visual yang anak tangkap sehingga anak ingin mencoba membuat tiruannya dengan cara menggambar ulang di media yang mudah anak dapatkan yaitu tembok atau dinding rumah. Bentuk gambar yang tidak beraturan dan asal garis yang ada di dinding rumah terkadang membuat dinding terkesan kotor, namun hal ini harus dimaklumi kita sebagai orang tua karena hal tersebut wajar dan menandakan bahwa anak ingin belajar dan mengeksplorasi tentang garis dan warna.

Solusi untuk mengatasi anak yang hobi menggambar atau mencoret-coret dinding rumah adalah memberikan media lain seperti buku gambar atau Anda dapat memasang kain di dinding rumah Anda. Sehingga anak tetap melakukan hobinya menggambar tetapi tidak membuat kesan kotor di dinding rumah Anda.

2. Ikut Memasak di Dapur
Kegiatan bandel anak balita yang harus orang tua maklumi yang kedua adalah anak ikut memasak di dapur. Kegiatan ini tidak salah untuk dilakukan tetapi kondisi dapur yang beratakan, tidak kondusif dan ada beberapa barang serta alat yang cukup berbahaya bagi anak terkadang membuat kita sebagai orang tua kesal dan memarahi anak serta menyuruh pergi dari dapur dan memintanya bermain di tempat lain selain dapur.

Untuk mengatasinya Anda dapat membuat mengarahkan anak Anda untuk tidak menggunakan alat atau barang yang berbahaya, berikan benda atau alat memasak yang aman untuk anak Anda seperti sendok dan mangkuk. Anda dapat menyingkirkan dan mengamankan benda-benda yang cukup berbahaya bagi anak seperti pisau, garpu, api dan alat-alat dapur yang tajam. Hal yang terpenting pada saat anak berada di dapur adalah Anda harus ekstra dalam mengawasi segala kegiatan yang anak Anda lakukan. Dengan keinginan anak ikut “bermain” di dapur, Anda juga dapat sekaligus mengajarkan anak tentang bahan-bahan makanan sehat untuk anak Anda sehingga anak Anda tidak menjadi pemilih makanan.

3. Memukul-mukul Barang
Memukul-mukul berbagai barang dan benda agar menghasilkan bunyi-bunyian adalah kegiatan bandel anak balita yang harus orang tua maklumi. Terkadang kegiatan ini juga diiringi dengan anak yang ingin bernyanyi. Kegiatan ini terkadang membuat kesal dan cukup berbahaya karena anak balita tidak akan memilih benda yang akan dipukulnya, sehingga tidak jarang juga benda berbahaya seperti kaca atau cermin akan dipukulnya.

Cara untuk mengatasi anak yang hobi memukul-mukul barang adalah Anda dapat memberikan mainan alat musik atau alat pukul yang terbuat dari karet. Anda juga dapat memberikan botol plastik bekas sebagai media anak untuk menyalurkan hobinya memukul-mukul barang.

4. Kotor-kotoran
Kegiatan bandel anak balita yang harus orang tua maklumi yang terakhir dan paling sering anak lakukan adalah main kotor-kotoran. Anak-anak tidak akan segan bermain di dalam rumah atau di luar rumah dalam keadaan kotor-kotoran. Kegiatan ini pasti membuat kita sebagai orang tua kesal dan jengkel karena baju dan lingkungan menjadi kotor dan tampak berantakan. Namun hali ini bukan alasan yang tepat untuk kita sebagai orang tua memarahi anak. Karena dengan anak melakukan hal demikian artinya anak kita merespon keadaan lingkungan dan belajar untuk beradaptasi.

Itulah beberapa kegiatan bandel anak balita yang harus orang tua maklumi. Karena kegiatan yang anak-anak kita kerjakan sebenarnya adalah media ekspresi dan belajar anak. Sehingga kita tidak perlu memarahinya dan membatasi kegiatan anak. Sebaliknya, kita sebagai orang tua seharusnya mengajak anak untuk mengeksplorasi segala sesuatu sehingga anak belajar banyak dan kira pun dapat mengetahui minat dan bakat anak kita dan yang terpenting adalah selalu mendampingi dan mengawasi anak pada saat melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar