≡ Menu
Catatan Kecil

Cara mengobati Keputihan pada wanita dengan cara tradisional dan alami

in kesehatan

Cara mengobati Keputihan pada wanita dengan cara tradisional dan alami – Sebelum bicara lanjut tentang cara mengobati keputihan yang menjangkit wanita, mari kita perdalam terlebih dahulu tentang pengertian apa itu keputihan. Keputihan atau disebut juga Fluor Albus adalah sekresi vaginal yang terjadi pada wanita. Fluor Albus ini pada dasarnya dibagi dalam 2 golongan yakni:

  1. Patologis = Keputihan abnormal

Patologis terjadi karena disebabkan infeksi yang disertai perasaan gatal pada vagina juga bibir vagina sebelah luar wanita. Penyebab umum keputihan Patologis biasanya karena virus, bakteri, parasit dan juga jamur. Infeksi ini dapat dengan mudah menjalar juga menimbulkan gangguan peradangan yang terjadi di saluran kencing, jadi pada saat wanita yang menderita keputihan ini akan mengalami rasa pedih saat mereka buang air kecil.

  1. Fisiologis = Keputihan normal

Fisiologis merupakan keputihan yang normal terjadi pada wanita setiap bulannya, di mana biasanya fisiologis ini muncul ketika waktu menjelang menstruasi dan juga sesudah menstruasi maupun masa subur yang dialami oleh seorang wanita.

Beberapa ciri dari keputihan yang tidak normal atau Patologis yakni timbulnya rasa panas dan gatal yang terasa di sekitar organ kewanitaan, organ kewanitaan mulai muncul bau tak sedap, rasa tak nyaman pada saat mengalami keputihan, cairan keputihan dari vagina yang keluar memiliki warna kekuning-kuningan. Keputihan yang tak normal inilah yang ditakuti oleh para wanita.

Cara menyembuhkan keputihan tradisional

Tentunya keputihan yang tidak normal harus segera disembuhkan, dan Anda dapat mencoba cara tradisional untuk mengobati keputihan tersebut tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia atau obat-obatan. Walaupun memang cara yang paling baik adalah dengan melakukan pencegahan dini. Berikut ini beberapa contoh cara pencegahan dini supaya tak terganggu keputihan yang abnormal, menggunakan pembalut dengan tepat, rajin-rajin membersihkan daerah kewanitaan jaga kelembaban daerah kewanitaan, hindari stress, rajin olahraga, dan pola makan yang tepat dan bergizi, jaga supaya daya tahan tubuh baik sehingga tak mudah terinfeksi virus ataupun bakteri yang dapat menyebabkan keputihan abnormal.

Cara tradisional menyembuhkan keputihan bisa dilakukan dengan daun sirih. Daun sirih yang mempunyai kandungan minyak tebang atau batlephenol serta kavinol berguna dalam mematikan kuman. Selain itu juga daun sirih memiliki kandungan antioksidan serta anti jamur. Mungkin Anda sering melihat nenek moyang kita sering memakai daun sirih dalam mengatasi keputihan, karena mereka sudah mengerti tentang ini dan memang sudah terbukti juga. Caranya mudah saja, yaitu cukup ambil kira-kira 10 lembar daun sirih, kemudian cuci sampai bersih lalu rebus, dan selanjutnya dinginkan air rebusan daun sirih tadi. Cara memakainya yaitu dengan membasuhkan air rebusan daun sirih yang sudah dingin tersebut ke daerah kewanitaan Anda.

Cara mengobati keputihan pada perempuan alami

Cara pengobatan alami lainnya selain dengan memanfaatkan daun sirih yaitu dengan tanaman sambiloto. Berikut langkah-langkahnya:

Ambillah 3 btg tanaman sambiloto. Lalu cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian kecil. Selanjutnya, potongan tadi kemudian Anda masukkan dalam sekitar 4 gelas air kemudian rebus sampai tersisa hanya 2 gelas air, kemudian saring apabila air rebusan sudah dingin.

Nah, ramuan sudah siap. Cara memakainya yaitu dengan diminum sebanyak 3 x per hari, dosisnya ¾ gelas setiap minum. Apabila perlu, supaya tak terasa pahit dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat menambahkan madu ke dalamnya, tambahkan secukupnya saja. Sekian artikel mengenai Cara mengobati Keputihan pada wanita dengan cara tradisional dan alami semoga bermanfaat ya sis 🙂

0 comments… add one

Leave a Comment