≡ Menu

Cara Mengatasi Nyeri saat Menstruasi

Cara Mengatasi Nyeri saat Menstruasi – Menstruasi yang secara rutin dialami oleh wanita setiap bulannya kerap menjadi hal yang mungkin tidak disenangi dan menyebabkan rasa nyeri diperut. Namun anda tak perlu khawatir dengan rasa nyeri diperut yang dialami pada saat menstruasi itu ialah hal yang sangat wajar. Lalu bagaimana menghilangkan rasa nyeri diperut pada saat menstruasi? Mari kita simak tipsnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Nyeri saat Menstruasi

Minum jamu

Banyak obat tradisional yang bisa diminum pada saat anda merasakan nyeri diperut. Anda bisa menggunakan ramuan dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air. Sisakan setengahnya kemudian disaring dan airnya dapat diminum 2 kali sehari.

Olahraga ringan

Penyebab terjadinya nyeri saat anda menstruasi adalah karena sirkulasi darah kotor yang mengalir mengalami gangguan atau tidak lancar. Olahraga ringan dapat membantu anda untuk melegakan aliran darah yang berjalan atau bekerja tidak normal. Olahraga yang bisa membantu anda meringankan nyeri haid adalah dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki dapat membuat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung, bisa anda lakukan selama 30 menit secara teratur.

Kompres perut

Anda dapat melakukan kompres perut menggunakan bantalan pemanas sambil berbaring agar rasa nyeri tersebut hilang. Adapula yang melakukan rileksasi dengan cara berendam didalam air hangat untuk mengatasi nyeri menstruasi.

Konsumsi makanan sehat

Perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung kalsium, zat besi, magnesium, omega 3, vitamin D dan vitamin E. Mengkonsumsi buah dan sayuran beraneka warna, ikan, dan juga makanan yang banyak mengandung protein.

Periksa ke Dokter

Pemeriksaan dokter akan membantu anda untuk mengetahui lebih awal dan memberikan penanganan yang tepat. Meskipun pada umumnya wanita yang mengalami menstruasi akan merasakan nyeri tetapi jika nyeri tidak hilang dan sangat mengganggu bisa jadi awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi.

Nah itulah beberapa Cara Mengatasi Nyeri saat Menstruasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar