≡ Menu
Catatan Kecil

Cara benar Melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya

in kecantikan, pengetahuan

Cara benar Melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya – Bagi Anda yang sering ke pantai, mungkin sudah mengenal apa itu produk tabir surya. Tabir surya mempunyai kegunaan yang sama seperti sebuah masker penutup hidung yang digunakan waktu Anda keluar rumah, polusi udara dan paparan sinar UV yang menyengat adalah 2 hal yang harus Anda temui setiap hari, dan jika Anda terkena 2 hal ini terlalu sering maka akan mengganggu kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu, digunakanlah yang namanya tabir surya ini. Kedua hal tadi dapat meningkatkan resiko seseorang terserang kanker kulit juga menjadikan penuaan dini. Walaupun Anda sudah mengetahui bahwa caranya adalah dengan menggunakan tabir surya, namun Anda juga harus paham tentang bagaimana memakai tabir surya yang tepat, sehingga benar-benar dapat  melindungi kulit Anda dari bahaya radiasi UV dan polusi, mari baca selengkapnya.
Hal yang juga harus mendapatkan perhatian Anda yakni pada saat mau memakai tabir surya, Anda harus mencari tabir surya yang memiliki sifat broad spectrum protection, jadi bisa melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari UV B dan UV A. Bagi kulit berjerawat dan berminyak, Anda juga sebaiknya memilih tabir surya khusus yang memiliki kandungan zinc oxide atau titanium oxide, sebab kandungan tersebut akan menutupi pori-pori kulit Anda sehingga jerawat tak akan semakin bertambah parah.

Cara tepat dalam memakai tabir surya

  • Anda harus mengoleskan tabir surya pada kulit dengan merata agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Oleskanlah pada semua daerah bagian tubuh yang terkena paparan sinar matahari langsung. Dan oleskan tabir surya dalam rentang waktu 15 hingga 30 menit, lakukan sebelum Anda keluar rumah, agar zat kimia dari tabir surya bekerja terlebih dahulu.
  • Dalam memilih produk dari tabir surya jangan sembarangan, melainkan pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit yang kering gunakanlah tabir surya krim.
  • Gunakan pakaian yang tak terlalu terbuka waktu berada di bawah sengatan sinar matahari langsung, walaupun Anda telah menggunakan tabir surya. Dan pilih baju dengan warna gelap, karena warna gelap dapat menyerap sinar UV sementara itu warna terang dapat memantulkan sinar UV matahari.
  • Sesudah wudhu, gunakan handuk, waktu berkeringat juga, Anda perlu memakai tabir surya ulang (oles ulang), karena banyak produk tabir surya yang harus dioles ulang bahkan ketika Anda menggunakan produk tabir surya yang memiliki sifat tahan air, jadi kesemuanya hampir memiliki sifat yang sama.
  • Anda juga jangan lupa untuk selalu melihat tanggal kadaluarsa dari produk tabir surya yang hendak Anda gunakan tersebut. Pada umumnya produk tabir surya bisa digunakan sampai 2 tahun sesudah proses produksi di pabrik. Anda perlu mengetahui bahwa salah satu ciri dari tabir surya kadaluarsa jika digunakan terasa berpasir, jika memang begini, maka segera buang jangan coba-coba menggunakannya, karena bisa merusak kulit Anda. Dan lagi tabir surya yang kadaluarsa, tidak akan dapat berfungsi maksimal.
  • Ketika memilih tabir surya, pilih yang menggunakan SPF dengan kandungan minimal 30, atau bisa juga yang lebih bersifat broad spectrum, dan cari yang tipe water resistant (anti air).

Pengolesan tabir surya juga perlu dilakukan berulang biasanya setiap 2 jam 1x, dengan tujuan supaya fungsi dari sunscreen tetap berlaku. Demikian artikel tentang cara benar melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya, semoga berguna.

0 comments… add one

Leave a Comment