≡ Menu

Tips Untuk Mengatasi Mendengkur saat Tidur

Untuk mengatasi mendengkur saat tidur, sebelumnya Anda harus mengetahui pola dengkuran dan pola tidur Anda karena posisi tidur dapat mengungkapkan banyak hal termasuk penyebab mengapa Anda bisa mendengkur saat tidur.


Mendengkur dengan mulut tertutup, menunjukkan adanya masalah dengan lidah Anda. Sedangkan mendengkur dengan mulut terbuka, artinya ada masalah dengan jaringan tenggorakan Anda. Mendengkur saat Anda tidur telentang adalah mendengkur yang dipercaya paling ringan karena kelelahan beraktifitas dan dapat diatasi dengan mudah yaitu cukup dengan mengubah kebiasaan tidur dan gaya hidup yang lebih baik. Tetapi, apabila Anda mendengkur di semua posisi tidur, Anda mungkin harus memeriksakan diri ke klinik yang khusus menangani masalah tidur “sleep center”.

Banyak penyebab mendengkur pada saat tidur, seperti bentuk anatomi saluran pernafasan sinus dan mulut, kelainan struktur pada hidung, alergi, flu, konsumsi alkohol, sleep apnea (henti nafas sementara yang terjadi saat tidur), obesitas, dsb.

Untuk mengatasi mendengkur saat tidur, atau ingin menyembuhkan atau meringankan masalah dengkuran yang Anda alami, pertama-tama Anda perlu mengetahui penyebabnya. Jika masalah flu atau alergi sudah teratasi dan dengkuran masih  Anda alami, maka kemungkinan penyebab lain yang telah dijelaskan diatas.

Berikut ini beberapa tips ringan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mendengkur saat tidur

1. Hentikan Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok dapat merusak struktur dan jaringan tubuh Anda. Karena asap rokok menyumbat aliran udara di sekitar tenggorokan, hidung maupun jaringan pernafasan Anda.

2. Stabilkan Berat Badan Anda
Mendengkur lebih sering dialami oleh mereka yang berbadan gemuk. Meskipun orang dengan badan kurus juga dapat mendengkur. Oleh sebab itu, idealkan berat badan Anda. Cara sederhana untuk mengetahui berat badan ideal Anda adalah dengan perhitungan : tinggi badan – 110 = berat badan.

3. Hindari Minuman ber-Alkohol
Hindari minum minuman yang mengandung alkohol. Alkohol menyebabkan otot-otot dalam jalan napas menjadi lentur dan terlalu santai. Selain alkohol, obat penenang atau obat tidur juga dipercaya menjadi penyebab mengdengkur. Maka dari itu untuk mengatasi mendengkur saat tidur hindari penggunaan obat penenang atau obat tidur dan hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol.

4. Ubah Posisi Tidur Anda
Cara lain untuk mengatasi mendengkur saat tidur adalah mengubah posisi tidur Anda. Hindari tidur dengan posisi telentang karena ini akan membuat dengkuran Anda semakin parah dan dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan Anda. Posisi terbaik untuk tidur adalah dengan menyamping ke kanan (posisi tangan kiri berada diatas), dengan tidur menyamping Anda dapat mencegah lidah dan daging yang menggantung dari langit-langit mulut jatuh menutup jalan napas. Selain itu dengan memposisikan tidur menyamping ke kanan membuat posisi jantung berada diatas sehingga aliran darah pada saat tidur menjadi lebih lancar.

Jika Anda belum terbiasa untuk tidur menyamping untuk mengatasi mendengkur saat tidur, cobalah tidur dengan menaikkan posisi kepala dan pundak Anda lebih tinggi dari badan. Karena dengan posisi kepala dan pundak Anda lebih tinggi dari badan, akan membuat lidah berada pada posisinya dan tidak menutup jalan nafas Anda. Namun, jangan gunakan bantal terlalu banyak untuk mendapatkan posisi ini. Hal yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan benda atau mengganjal kaki-kaki ranjang atau kasur Anda yang biasa Anda gunakan sebagai posisi arah kepala. Naikkan ketinggian ranjang atau kasur Anda sekitar 10 sampai 15 cm.

5. Hindari Makan Sebelum Tidur
Usahakan Anda tidak mengkonsumsi makanan atau cemilan sebelum tidur karena itu akan membuat percernaan Anda dipaksa bekerja pada saat tidur. Perlu Anda ketahui bahwa proses pencernaan membuat otot-otot di tubuh Anda, termasuk di tenggorokan Anda menjadi santai dan lemas sehingga menyebabkan mendengkur.

6. Gunakan Alat Penahan Lidah
Untuk mengatasi mendengkur saat tidur juga Anda dapat menggunakan alat penahan lidah yang berguna untuk membuat lidah Anda tetap ke depan dan mulut tetap tertutup saat Anda tidur. Konsultasikan dengan klinik “sleep sentre” atau Anda juga dapat meminta Ortodontis untuk membuatkan alat untuk menahan rahang Anda pada malam hari.

7. Memakai Penahan Leher
Selain menggunakan alat penahan lidah untuk mengatasi mendengkur saat tidur, Anda juga dapat mencoba menggunakanalat penahan yang sering digunakan ketika seseorang menderita cedera leher (whiplash collar). Alat penahan leher ini akan membuat dagu Anda tetap terangkat dan tenggorokan tetap terbuka sehingga leher Anda tidak pegal. Alat penahan leher atau whiplash collar yang baik dan dapat Anda gunakan haruslah terbuat dari busa, karena akan membuat leher Anda lebih nyaman. Jika leher Anda merasa pegal setelah penggunaan penahan leher atau whiplash collar tersebut, Anda dapat sedikit meregangkan otot leher dengan sedikit memijatnya dan dilanjutkan dengan mandi air hangat.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi mendengkur saat tidur. Jika masalah mendengkur Anda masih belum teratasi, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter di klinik yang khusus menangani masalah tidur  atau sleep center.  Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar