Tips Menjaga Kebersihan dan Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Tips Menjaga Kebersihan dan Menghilangkan Kebiasaan Buruk – Kebersihan pangkal kesehatan, begitulah yang terdengar dan pasti semua orang sudah mengetahui pedoman tersebut. Kebersihan sangatlah penting bagi kesehatan kita. Untuk dapat sehat, kita harus bersih. Lakukan mandi minimal dua kali sehari. Menggosok gigi setiap pagi dan ketika ingin tidur. Keramas rambut maksimal tiga hari sekali atau saat rambut sudah terasa kotor karena ada banyak aktivitas diluar dan berkeringat. Bersihkan muka setiap hari. Rawatlah muka sesuai kondisi kulit masing-masing.

Selain diri kita bersih, lingkungan kita pun harus bersih dan sehat. Bersihkan rumah dan halaman setiap hari. Rapikan kamar tidur dan kamar kerja. Bersihkan dapur agar lebih nyaman saat memasak. Bersihkan kamar mandi dan gantilah air di bak mandi setiap tiga hari sekali. Tutuplah bak mandi agar tidak digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Bersihkan pula saluran air, buang sampah ditempatnya, cuci pakaian setiap hari, cuci kain-kain sprei dan sarung bantal, bersihkan segala benda yang ada disekeliling kita agar nyaman dan tetap sehat.

Hilangkan Kebiasaan Buruk

Sering kali orang membenarkan diri dengan sejuta alasan untuk melakukan tindakan buruk, seperti mer*k*k, minum alk*h*l dan menggunakan nark*tika, pergaulan bebas, tindakan hura-hura berlebihan hidup yang seenaknya tanpa aturan, begadang hampir setiap malam untuk hal-hal yang tidak penting. Mengkomsumsi makanan cepat saji secara membabi buta dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya. Hentikan semua itu jika ingin hidup sehat. Semua itu tidak memberikan penyelesaian atas segala masalah kita tetapi justru memicu banyaknya masalah-masalah baru yang dapat memperburuk kesehatan.

Tidaklah mudah untuk menghentikan kebiasaan buruk. Terlebih jika kita sudah memiliki pemikiran bahwa semua itu merupakan ekpresi kebebasan dan gaya hidup. Tentunya ini memerlukan penanganan yang benar dan terarah. Jika menemui kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk mintalah bantuan orang lain.

Kita bisa datang ke dokter untuk menangani secara serius, meminta nasehat psikolog, atau bisa juga dengan bantuan orang terdekat yang dapat dipercaya. Semuanya akan bisa membantu kita agar keluar dari kebiasaan buruk tersebut. Ingatlah kesehatan adalah karunia yang sangat berharga. Kita harus menjaganya dengan baik karena ketika kesehatan kita sudah terganggu, segalanya menjadi tidak lagi sama. Jagalah kesehatan baik-baik sebelum nanti menyesal.

Sekian artikel tentang Tips Menjaga Kebersihan dan Menghilangkan Kebiasaan Buruk. Semoga bermanfaat:).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *