≡ Menu

Tips Membuat Ruangan Kecil Terlihat Besar

Tips Membuat Ruangan Kecil Terlihat Besar – Sudah menjadi tren diindonesia memiliki rumah idaman yang minimalis ala eropa namun tetap menunjukan kesan elegan, beberapa ruangan pun disesuaikan dengan luas tanah yang ada, begitu juga dengan isi perabotan rumah dan beberapa peralatan elektronik lainnya yang disesuaikan dengan ukuran ruangan.


Jadi ketika anda menemukan masalah dengan ruangan kecil dirumah anda, anda tidak harus merasa sulit untuk mendekorasi ruangan kecil anda agar tetap terlihat besar dan tentunya tetap nyaman, Berikut Tips Membuat Ruangan Kecil Terlihat Besar.

Cermin

Salah satu cara sederhana supaya ruangan kecil terlihat besar adalah dengan menambahkan cermin, Karena cermin memantulkan cahaya, warna, dan gambar, cermin dapat membuat ruangan tampak dua kali dari ukuran aslinya. Tempatkan cermin yang besar didaerah dimana cermin bisa menangkap ruangan didepannya atau menangkap pemandangan dari luar jendela.

Furniture

Furnitur yang besar tentu membuat ruang menjadi lebih kecil, sebagai gantinya pilihlah beberapa kursi yang empuk yang berukuran kecil. Membuat ruang makan berukuran kecil sehingga terlihat ruang lebih besar. Tempatkan beberapa aksesoris pada dinding membuat aksen visual seakan menjadi lebih dekat, sehingga  satu lukisan besar atau gambar membuat satu titik fokus yang menciptakan perasaan ruang yang lebih besar dengan diadopsi karpet pada lantai.

Skema Tata warna dan efek Cahaya

Mengadopsi warna efek cahaya adalah cara sederhana untuk menciptakan ruang ilusi yang terasa lebih luas misalnya dengan pilihan warna netral, pastel, putih, atau warna sedikit lebih redup, hal ini untuk mencerminkan ruangan tampak lebih luas. Dengan membuat sensasi efek cahaya dari sinar matahari yang masuk dari jendela juga menjadi faktor penting dari efek ruangan atau dengan efek cahaya lampu yang kemudian dikolaborasikan dengan gorden, karpet dan lantai dengan warna yang didekorasi.

Tinggalkan material yang tidak berguna

banyak hal yang dapat membuat ruangan terasa sempit dan tidak nyaman, misalanya banyak menggunakan furniture yang berlebih atau banyaknya koleksi bingkai foto dan lukisan yang dipajang. Cobalah untuk mengurangi beberapa aksesoris tersebut dengan begitu membuat nuansa kenyamanan yang dapat membuat nuansa ruangan yang luas.

Tampilkan garis-garis pada dinding

Cara lain yang cukup sederhana adalah membuat dekorasi dinding dengan garis-garis vertical dengan begitu membuat ruangan tampak lebih besar, karena ketika mata melihat ke langit-langit, garis-garis vertical menciptakan nuansa yang tinggi untuk sebuah ukuran ruangan.

Trik transparansi

Untuk Menciptakan efek visual yang lainnya anda bisa menggunakan sebuah meja kaca, gorden dengan pilar-pilar transparan atau yang lainnya karena subtansinya menambahkan kesan yang besar dari ruangan yang kecil.

Skala Kecil

Jika sebuah kamar tidur kecil akan merasa lebih sempit dan tidak nyaman bila dilengkapi dengan tempat tidur yang besar, pilihlah tempat tidur yang kecil dengan aksesoris yang kecil untuk dapat memaksimalkan ruangan kamar tidur serta menggantungkan beberapa aksesoris pada dinding.

Sudut dinding

Menempatkan perabotan sedekat mungkin dengan dinding, ini bertujuan  untuk menciptakan lebih banyak ruang serta menggunakan beberapa perabotan yang multi fungsi dengan hal ini tentu membantu menghilangkan nuansa sempit.

Titik fokus

Menggunakan karya seni, lukisan yang bagus atau aksesoris antik dan menarik untuk membuat titik focus didalam kamar, cara ini cukup bagus untuk menarik pandangan dari sisi ruangan.

Yang terpenting dari tips diatas dalah bagaimana cara anda berimajinasi untuk sebuah ruangan kecil dengan material-material yang biasa namun memiliki nuansa yang lebih elegan. Demikian Tips Membuat Ruangan Kecil Terlihat Besar semoga menjadi inspirasi anda dalam mendekorasi setiap ruangan yang anda inginkan.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar