≡ Menu

Tips Liburan ke Bali

Tips liburan ke Bali berikut ini wajib Anda baca jika Anda berencana untuk liburan ke Pulau Bali. Jika Anda seorang backpacker, tips liburan murah ke bali berikut ini bisa membantu Anda untuk berwisata murah meriah di Pulau kebanggan Indonesia ini.

Pulau Bali memang destinasi wisata yang tidak pernah sepi karena sebagian berpendapat bahwa Pulau Bali adalah surga dunia dan tempat yang wajib dikunjungi meskipun hanya sekali dalam seumur hidup.

Jika Anda merencanakan untuk liburan ke Bali untuk pertama kalinya, berikut ini beberapa tips praktis merencanakan wisata di Bali

1. Pilihan Transportasi

Tips liburan ke Bali yang pertama adalah masalah transportasi. Ada 2 pilihan untuk menuju Bali, yang termudah adalah tentu saja menggunakan pesawat terbang. Pilihan lain Anda juga bisa menggunakan jalur darat menggunakan bus atau mobil pribadi melewati jalur laut.

Dengan program pemerintah “visit Indonesia”, membuat paket wisata lokal menjadi pilihan masyarakat untuk berliburan dalam negeri, apalagi program tersebut didukung oleh pihak swasta seperti maskapai penerbangan, agen travel dan hotel yang menyediakan paket liburan murah di Bali.

Tiket pesawat untuk menuju Bali berkisar antara Rp 400.000 sampai Rp 500.000, namun jika Anda beruntung, beberapa maskapai penerbangan terkadang melakukan undian tiket murah bahkan gratis untuk liburan ke Bali. Anda dapat memesan tiket melalui sistem online sehingga Anda juga dapat memesan tiket jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

Tips liburan ke Bali jika Anda menggunakan jalur darat atau menggunakan Bus atau kendaraan pribadi adalah mungkin harga yang ditawarkan lebih murah dibanding naik pesawat, yaitu sekitar Rp 300.000 jika dari Jakarta menuju Bali, namun Anda mungkin akan lebih lama dalam perjalanan menuju Bali jika dibandingkan menggunakan pesawat.

2. Waktu Liburan Terbaik

Tips liburan ke Bali yang kedua adalah waktu yang tepat untuk berwisata ke Bali. Tidak ada waktu khusus untuk wisata atau liburan ke Bali karena sepanjang tahun Bali selalu ramai dipadati wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Hal ini karena Bali menawarkan beragam aktivitas dan tempat wisata.

Jika Anda ingin berwisata bahari atau pantai ataupun wisata gunung, sebaiknya Anda memilih musim kemarau agar kegiatan tersebut tidak terganggu oleh hujan. Namun, disaat musim hujan, Anda juga bisa mengunjungi museum dan pusat kesenian atau desa wisata.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui jadwal atau musim padat kunjungan atau high season maupun peak season. Musim padat kunjungan adalah pada bulan Juni-Agustus dan November-Januari. Pada musim padat kunjungan, harga-harga akan cenderung naik. Seperti harga travel, makanan, hotel atau penginapan dan akomodasi lainnya. Hindari musim padat kunjungan untuk mendapatkan paket liburan murah di Bali karena selain harga-harga naik, Anda juga mungkin kurang nyaman karena padatnya wisatawan dan jalanan cenderung macet.

3. Penginapan dan Hotel

Tips liburan ke Bali berikutnya adalah masalah penginapan dan akomodasi selama di Bali. Sebelum mencari penginapan dan segala akomodasi wisata Anda selam di Bali, Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan atau lokasi wisata Anda. Daerah selatan bali Adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang pertama kali liburan ke Bali.

Daerah selatan Bali yang dapat menjadi tujuan wisata adalah kawasan Kuta. Di Kuta banyak tempat penginapan. Anda bisa mencarinya di kawasan sekitar Gang Poppies (1 dan 2), Jalan Raya Tuban, Gang Puspa Ayu, Jalan Three Brothers, sampai Jalan Bakung Sari. Harga penginapan di daerah ini berkisar Rp 300.000,- per-malam.

Namun jika Anda menginginkan penginapan yang lebih murah terutama bagi Anda yang backpacker, Anda dapat menemukan hotel-hotel kecil ala guesthouse di gang sekitar jalan utama seperti Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Tuban. Penginapan di hotel-hotel kecil ini relatif lebih murah dibanding hotel yang mewah yaitu sekitar Rp 100.000,- per-malam.

Sebelum Anda memutuskan akan berwisata di Bali, sebaiknya Anda menanyakan berbagai hal tentang pariwisata di Bali kepada agen travel atau Anda juga dapat langsung memilih paket liburan dan di Bali yang biasanya disediakan oleh agen wisata tersebut.

4. Mobilisasi

Tips liburan ke Bali berikutnya adalah jika Anda baru pertama kali berwisata ke Bali, sebaiknya Anda menggunakan jasa penyewaan mobil. Harga yang ditawarkan beragam dari Rp 200.000,- dengan sopir sampai Rp 600.000,- tergantung jenis mobil yang Anda pilih. Harga tersebut untuk penyewaan mobil selam 10  jam, jika lebih dari 10 jam Anda akan dikenai biaya tambahan. Ini akan lebih menghemat pengeluaran Anda karena biasanya sopir juga bertindak sebagai turis guide sehingga Anda dapat menemukan daerah-daerah wisata tanpa harus bertanya.

5. Makanan dan Wisata Kuliner

Selain surga lokasi wisata, Bali juga surga wisata kuliner. Semua jenis makanan dari seluruh Indonesia tersedia di Bali. Dari makanan kaki lima seperti nasi jinggo yaitu “angkringan” atau nasi kucing khas Bali yang murah meriah sampai steak kelas restoran bintang lima yang harganya mahalpun tersedia di Bali.

Untuk Anda yang muslim, Anda harus cukup berhati-hati dalam memilih makanan di Bali karena mayoritas makanan di Bali tidak halal. Untuk itu sebagai tips liburan di Bali untuk makanan Anda adalah carilah rumah makan seperti rumah makan Padang, warung bakso, atau Anda menanyakan terlebih dahulu makanan tersebut halal atau tidak.

Itulah beberapa tips liburan ke bali yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Pilihan terbaik adalah menggunakan jasa wisata yang telah memberikan pilihan paket wisata atau paket liburan ke Bali yang lebih mudah karena Anda tidak perlu repot mengatur jadwal atau mencari-cari tujuan wisata di Bali. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar