≡ Menu

Tips Hemat Listrik Dari Peralatan Elektronik

Tips Hemat Listrik Dari Peralatan Elektronik – Rumah anda bergantung pada peralatan elektronik untuk menjaga kenyamanan dan efisiensi penggunaan peralatan elektronik seperti TV, AC, Water Heater, Dispenser, Front Loading, dan seterusnya, peralatan ini memang membutuhkan perhatian dengan melakukan perawatan berkala untuk menghindari kerusakan fatal.

Berbicara soal listrik tentu berhubungan dengan peralatan elektronik anda dan berikut beberapa Tips Hemat Listrik Dari Peralatan elektronik yang sangat sederhana namun terkadang terabaikan.

TV

Peralatan elektronik yang satu ini sudah menjadi hiburan sehari-hari anda, tahu kah anda bahwa televisi seperti TV tabung dan TV Plasma ternyata membutuhkan daya yang besar dan cepat panas dibandingkan dengan TV LED saat ini yang memiliki daya yang cukup rendah namun tidak mengurangi kualitas gambar yang optimal. Perawatan televisi dengan membersihkan bagian depan dan belakang dari debu dan meletakkan televisi ditempat yang bersirkulasi udara yang baik.

AC

Gunakan AC yang memiliki daya yang rendah (Low Watt), seperti AC inverter atau AC Low watt dibandingkan dengan AC standar yang memiliki daya besar, Harga AC inverter atau AC Low Watt memang mahal diawal tetapi lebih hemat untuk jangka panjang. Lakukan perawatan AC dengan membersihkan filter yang terletak didalam indoor atau memanggil teknisi AC untuk  program pencuciaan AC berkala.

Water Heater (Pemanas air)

Water Heater adalah alat elektronik untuk mandi air hangat, water heater terbagi dari dua varian, varian yang pertama water heater yang mengkonsumsi pembakaran (heater) melalui gas (gas tabung dan gas alam). Varian yang kedua water heater yang mengkonsumsi listrik untuk pembakaran dengan konsumsi daya 350 watt. Bagi anda yang takut akan gas, gunakan water heater elektrik yang berdaya rendah saja, kedua varian tersebut tergolong hemat.

Dispenser

Seperti yang kita ketahui dispenser adalah tempat untuk memanaskan dan mendinginkan air minum, ada yang menggunakan kompressor ada juga yang tidak menggunakan kompressor,  Dispenser saat ini dibagi dua bagian, dispenser dengan galon dibawah dan galon atas, dan manakah yang tergolong hemat listrik?, seperti yang kami ketahui ternyata dispenser dengan galon atas yang berkompressor adalah yang hemat listrik dibandingkan dengan dispenser galon bawah, pasalnya kinerja dispenser galon bawah menggunakan sistem sedot yang tentu saja memerlukan daya yang besar selain untuk memanaskan dan mendinginkan air.

Mesin cuci Front Loading

Sudah menjadi fitur dari sebuah mesin cuci yang mahal harganya ini karena memiliki opsi pencucian dengan menggunakan temperature suhu air panas yang membutuhkan daya hingga 1000 watt, namun anda tidak perlu tercengang dengan hal tersebut, karena anda bisa mengatur program tanpa menggunakan opsi tersebut, dalam hal ini tentu sangat menghemat konsumsi listrik yang anda gunakan.

Lantas bagaimanakah dengan barang elektronik anda yang lain??. Hal terpenting dari tips diatas adalah bagaimana cara anda menyikapi penggunaan alat elektronik anda sebijak mungkin, dengan mengatur penggunaannya sama saja anda menghemat listrik dan keuangan anda. Demikian Tips Hemat Listrik Dari Peralatan Elektronik dan semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar