≡ Menu
Catatan Kecil

Tips dalam Memilih Pelatih Olahraga yang Cerdas

in tips

Tips dalam Memilih Pelatih Olahraga yang Cerdas – Supaya tetap sehat, maka setiap orang perlu makan-makanan yang sehat dan olahraga tentunya. Untuk olahraga, maka ada banyak cabang yang bisa Anda coba pilih. Dan demi mencapai hasil optimal maka dalam latihan yang dijalani tersebut, sering sekali kita juga perlu bantuan seorang pelatih olahraga.

Tidak peduli jenis olahraga apa yang menjadi pilihan Anda, entah itu olahraga berenang, fitness, sampai taekwondo sekalipun, maka masalahnya kini idalah bagaimana cara tepat untuk mengetahui mana pelatih yang bermutu dan mana yang gadungan ?

Berikut ini beberapa tips dalam Memilih Pelatih Olahraga:

1. Amati kualifikasinya

Yang pastinya juga dia harus punya beberapa kualifikasi yang jelas dan dapat juga dipertanggungjawabkan di bidang yang digelutinya. Meskipun mungkin tidak mengecap pendidikan formal di dalam bidangnya, Akan tetapi anda juga bisa melihat keahliannya dari pengalaman dan berhasil-tidaknya dia melatih diri orang lain.

2. Cermati penampilannya

Bukti nyata dari berhasil atau tidaknya dia melatih orang lain yang nantinya juga bisa dilihat dari penampilan fisiknya terlebih dahulu. Jika dia juga mengaku pelatih senam contohnya, namun berdiri dengan badan membungkuk atau perut yang bergelambir, maka tentunya saja kualitas pengajarannya akan sangat meragukan karena tidak berhasil untuk dirinya sendiri.

3. Profesional

Katakan juga bahwa Anda sudah menemukan seseorang dengan kualifikasi dan juga bukti penampilan yang sangat nyata, akan tetapi penilaian tidak berhenti sampai disana saja. Anda juga tetap harus mengamati cara bagaimana kerjanya. Apakah dia cukup profesional untuk dinilai ? Atau, dia sering meninggalkan Anda hanya karena sebuah ponsel yang berbunyi ? Jika Anda sudah menyewa dia sekitar per jam, dan dia banyak sekali meninggalkan Anda dalam waktu latihan anda untuk urusan pribadinya yang tidak jelas, maka tentu hal ini akan membuat Anda merasa rugi.

Profesional atau tidaknya seorang trainer bisa dilihat pada saat Anda berbincang-bincang dengannya. Apakah dia fokus pada Anda, ataupun seringkali membiarkan diri untuk terganggu oleh hal lainnya ? Apakah dia juga banyak bicara ? Apakah dia juga malah merangkap menjadi sales suplemen yang gencar untuk berjualan di hadapan Anda ? Hati-hati dalam mencoba memilihnya !

Selain itu pula, sikap profesionalnya juga sangat diperlukan pada saat melatih Anda. Jika dia mulai menyentuh diri anda dengan banyak cara yang tak sopan, maka tentu saja anda tak bisa tinggal diam. Jangan mencoba membiarkan dia untuk mengambil keuntungan dari Anda !

4. Punya program jelas

Seorang ahli meskipun tanpa pendidikan yang formal sekalipun, pastinya memiliki program dan target yang jelas karena ia sudah terbiasa melatih para klien yang lainnya. Misalnya pelatih dalam renang, dia pasti mengetahui langkah-langkah dasar yang juga dibutuhkan dalam mengajar orang yang takut pada air. Bagaimana dia harus melatih orang tersebut sampai berani masuk ke dalam air, bagaimana dia mengajar seseorang yang tidak bisa mengapung menjadi bisa berenang.

Tanyakan banyak program dan target yang dia miliki itu untuk kondisi Anda. Apakah program yang dia tawarkan cukup variatif dan tak membosankan ? Dan, coba pastikan dia selalu memberitahukan pada perkembangan Anda. Hal ini selain bisa untuk memotivasi Anda karena adanya hasil yang nyata, juga bisa menunjukkan kualitas dari kerjanya.

5. Tepat waktu

Ketepatan waktu sangatlah diperlukan apalagi bila Anda juga menyewa dan membayar dia sekitar per jam. Jadinya, coba buatlah perjanjian yang jelas mengenai waktu sebelum Anda memulai memakai jasanya.

6. Rencana cadangan

Katakanlah program dan targetnya telah gagal dicanangkan untuk Anda, maka tentunya seorang profesional juga mempunyai rencana B untuk membantu Anda meraih target yang diinginkannya. Hal ini timbul dari rasa tanggung jawabnya untuk dapat menyelesaikan sebaik mungkin program latihan yang dia terapkan pada diri Anda.

7. Aturan makan

Apakah dia mengetahui informasi mengenai asupan gizi yang anda perlukan pada saat berlatih ? Ini sangatlah penting, sebab bagaimanapun juga dia bertanggung jawab untuk memberikan Anda informasi mengenai makanan apa yang boleh dan tak boleh dimakan selama Anda berada dalam pelatihan

Dengan anda menganalisa personal trainer yang bakal Anda sewa itu, maka hal tersebut akan bisa meminimalkan rasa kecewa akibat pemilihan yang salah tersebut. Yang akhirnya, selamat dalam berlatih !

Semoga Tips dalam Memilih Pelatih Olahraga yang Cerdas ini bermanfaat :).

0 comments… add one

Leave a Comment