≡ Menu

Gaya Hidup Pemicu Insomnia

Gaya Hidup Pemicu Insomnia – Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu munculnya insomnia. Kebiasaan mengkomsumsi alc*h*l, kopi (kafein), r*k*k, obat menurunkan berat badan, jam kerja tidak teratur, dapat pula menjadi penyebab sulit tidur. Jika kondisi seperti ini, penderita insomnia harus menyelesaikan dulu apa masalahnya, nanti baru akan dapat tidur dengan nyenyak.


Sebisa mungkin hindari mengkomsumsi alc*h*l sebelum tidur. Hal ini dapat membuat badan terus terjaga dan tidak dapat tidur. Demikian juga dengan r*k*k, kopi, serta beberapa makanan atau minuman  mengandung kafein. Semua itu berguna untuk membuat tubuh tetap terjaga sepanjang malam. Akibatnya, tidur akan semakin sulit didapatkan.

Faktor lingkungan juga memegang peranan besar terhadap insomnia pada seseorang. Lingkungan yang bising, seperti lingkungan lintasan pesawat terbang, lintasan kereta api, pabrik dengan mesin-mesin yang terus beroperasi sepanjang malam atau suara TV yang keras dapat juga mengakibatkan seseorang sulit tidur.

Jika terpaksa harus tinggal dilingkungan yang bising dan berisik seperti itu, usahakan memasang kedap suara atau tidur dengan memasang penutup telinga. Dengan demikian, kebisingan dapat sedikit dikurangi atau sekalian pindah ke tempat tinggal yang lebih nyaman.

Tidak sedikit orang  yang menderita gangguan pendengaran karena tinggal didaerah dengan kondisi bising. Mereka tidak bisa mendengar suara pada notasi rendah dan normal, karena terbiasa harus mendengar sesuatu dalam notasi kuat dan keras. Keadaan sekitar yang kerap penuh dengan ketegangan, perselisihan dan situasi ribut yang terus-menerus  juga dapat mempengaruhi pola tidur seseorang. Bagi sekelompok orang tertentu, tidak perlu suasana dan kondisi yang tenang.

Perubahan lingkungan juga dapat menyebabkan insomnia. Misalnya orang yang dulunya tinggal didaerah panas, lalu tinggal didaerah yang dingin. Perubahan suhu tersebut akan mempengaruhi pola tidurnya. Untuk solusi hal ini ialah memasang suhu ruangan pada kondisi normal.

Apabila suhu udara dikamar terlalu dingin, ada baiknya memakai pakaian dan selimut hangat. Jika memungkinkan kita bisa memasang perapian atau penghangat ruangan, walaupun dilingkungan masyarakat kita hal tersebut belum umum dan terasa aneh. Namun daripada kita tidak bisa tidur dan terus-menerus menahan kantuk di siang hari, lebih baik memasang perapian atau penghangat ruangan.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan tentang Gaya Hidup Pemicu Insomnia, semoga bermanfaat bagi kita semua.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar